Warga Hong Kong menggeruduk konsulat asing. (Foto: AFP)
Warga Hong Kong menggeruduk konsulat asing. (Foto: AFP)

Pedemo Hong Kong Targetkan KTT G20

Internasional hong kong
Sonya Michaella • 27 Juni 2019 11:17
Hong Kong: Ratusan pedemo Hong Kong kembali beraksi dengan menggeruduk sejumlah konsulat negara asing di pusat kota dengan tuntutan yang masih sama yaitu menola pembahasan Rancangan Undang-Undang Ekstradisi Tiongkok.
 
Mereka meminta bantuan negara anggota G20 untuk membahas RUU tersebut dan menekan Tiongkok dalam pertemuan KTT G20 yang digelar di Osaka, Jepang, pekan ini.
 
"Selama pemerintah tidak menarik dan membatalkan UU tersebut, kami terus berjuang. Kami akan membuat G20 gaduh supaya negara lain membahas persoalan Hong Kong," kata seorang pedemo, dikutip dari Channel News Asia, Kamis 27 Juni 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Beberapa dari mereka bahkan berniat untuk terbang ke Osaka dan berunjuk rasa di sela-sela KTT G20.
 
Pengunjuk rasa juga menyerahkan petisi ke kantor Konsulat Amerika Serikat (AS) dengan harapan Presiden AS Donald Trump akan membicarakan RUU ini dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping.
 
Mereka juga mengumpulkan dana hingga berjuta-juta dolar untuk memasang iklan di surat kabar New York Times agar tuntutan mereka terpenuhi.
 
Para pengunjuk rasa menghendaki kekuatan asing menekan Pemerintah Hong Kong untuk menarik — bukannya menunda — RUU kontroversial yang akan memungkinkan ekstradisi tahanan ke Tiongkok untuk kali pertama.
 
Pemerintah mengatakan undang-undang itu diperlukan demi mencegah Hong Kong menjadi surga bagi para penjahat. Tetapi para penentangnya menyebutkan Beijing akan menggunakan tindakan itu buat menangkap para pembangkang dan aktivis dengan tuduhan yang dibuat-buat.
 

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif