Pertemuan antara Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping. (Foto: AFP)
Pertemuan antara Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping. (Foto: AFP)

Arab Saudi-Tiongkok Sepakati 35 Perjanjian Kerja Sama Ekonomi

Internasional arab saudi tiongkok
Sonya Michaella • 23 Februari 2019 09:09
Beijing: Tiongkok menjadi satu dari sekian negara yang masuk dalam tur Asia Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman. Tiba di Beijing, MBS, biasa ia disebut, bertemu dengan Presiden Xi Jinping.
 
Sekitar 35 kesepakatan ekonomi senilai USD28 miliar ditandatangani keduanya. Selain itu, ada pula kesepakatan terkait Aramco yang mengembangkan kilang minyak di Tiongkok.
 
Yang menarik, Pangeran MBS berkesempatan untuk mengunjungi Tembok China. Ia ditemani oleh Duta Besar Arab Saudi di Tiongkok.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dilansir dari Saudi Press Agency, Sabtu 23 Februari 2019, Pangeran MBS juga bertemu dengan Wakil Perdana Menteri Tiongkok Han Zheng. Mereka membahas upaya untuk memperkuat hubungan dan keamanan nasional.
 
Kedua negara, ucap Han, harus meningkatkan pertukaran pengalaman mereka terutama dalam deradikalisasi dan penangkalan terorisme.
 
Topik ini juga diangkat oleh Presiden Xi ketika menerima Pangeran MBS keesokan harinya. "Tiongkok adalah teman baik dan mitra bagi Arab Saudi," ujar Xi.
 
Sebelum ke Tiongkok, MBS berkunjung ke India dan Pakistan. Sementara, kunjungan ke Asia Tenggara yaitu Indonesia dan Malaysia terpaksa ditunda. Usai Tiongkok, MBS dijadwalkan akan mengunjungi Korea Selatan.

 

(SCI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif