Gaji Menteri Kabinet Malaysia Dipotong 10 Persen
Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad umumkan pemotongan gaji menteri (Foto: Malaysia Kini).
Kuala Lumpur: Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad mengumumkan kebijakan yang ditujukan kepada menteri jajaran kabinetnya.

(Baca: Mahathir Pimpin Rapat Kabinet Pertama).

Tokoh berusia 92 tahun itu mengumumkan bahwa gaji menteri kabinet akan dipotong hingga 10 persen. Hal ini merupakan bentuk kepedulian pemerintahan Pakatan Harapan, terutama di saat masalah keuangan yang dilanda Negeri Jiran.
 
"Kabinet setuju bahwa gaji menteri dipotong sebesar 10 persen. (Pengurangan) berdasarkan gaji pokok," ujar Mahathir, dalam sebuah konferensi pers di Putrajaya, seperti dikutip Malaysia Kini, Rabu 23 Mei 2018.
 
"Beberapa pejabat pemerintah sekarang mendapatkan upah lebih tinggi daripada menteri kabinet," jelasnya.
 
Namun, katanya Mahathir, kabinet tidak berniat menaikkan gaji anggotanya.
 
"Ini kebiasaan saya. Ketika pertama kali perdana menteri (pada 1981), hal pertama yang saya lakukan adalah memotong gaji para menteri dan pejabat pemerintah senior," katanya.


(Baca: Raja Malaysia Resmi Lantik Kabinet Mahathir Mohamad).

Mahathir baru saja bertugas pertama kali di Kantor Perdana Menteri di Putrajaya dan langsung memimpin rapat kabibet. Ini adalah kali pertama Mahathir bertugas kembali sebagai perdana menteri setelah 15 tahun pensiun. Pria berusia 92 tahun itu menjadi PM pertama kali pada 1981 dan lengser pada 2003 setelah berkuasa selama 22 tahun.
 
Pada 10 Mei 2018, Mahathir kembali mengucap sumpah sebagai PM menyusul kemenangan Pakatan Harapan pada pemilu 9 Mei lalu. Kini dia dianggap sebagai pemimpin tertua di dunia.



(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id