Pejabat Bandara Kathmandu Sebut Terlalu Dini Simpulkan Penyebab Pesawat Jatuh

Marcheilla Ariesta 13 Maret 2018 15:48 WIB
kecelakaan pesawat
Pejabat Bandara Kathmandu Sebut Terlalu Dini Simpulkan Penyebab Pesawat Jatuh
Penyebab pesawat jatuh di Nepal masih diselidiki. (Foto: BBC).
Kathmandu: Manajer Bandara Kathmandu Raj Kumar Chhetri menuturkan terlalu dini untuk mengungkapkan apa yang menyebabkan kecelakaan pesawat yang menewaskan 49 orang tersebut terjadi.

"Belum diketahui apakah pilot atau petugas pengendalian lalu lintas udara yang salah," katanya kepada AFP, Selasa 13 Maret 2018. Menurut dia, penyelidikan hingga saat ini masih dilakukan dengan otoritas Bangladesh.

Otoritas penerbangan mengatakan mereka telah menemukan kotak perekam data dari puing pesawat yang jatuh tersebut. Berdasarkan rekaman, pesawat terbakar usai menabrak lapangan sepak bola dekat Bandara Kathmandu pada Senin kemarin, yang menewaskan 49 orang.


Saksi menggambarkan pesawat ini tiba-tiba mengubah arah sesaat sebelum jatuh.

Direktur Eksekutif pesawat AS-Bangla Airways Imran Asif mengatakan ada masalah di menara kendali saat pesawat mendekati landasan pacu tunggal bandara.

Dalam rekaman terdengar percakapan antara kontrol lalu lintas udara dan pilot. Keduanya tampak kebingungan untuk menentukan pendaratan, padahal pesawat sudah dekat dengan landasan pacu tunggal di bandara tersebut.

Hal tersebut diduga sebagai alasan utama pesawat jatuh di Kathmandu.

Insiden ini merupakan kecelakaan pesawat paling mematikan sejak satu dasawarsa lalu di negara tersebut. Sebanyak 49 orang tewas akibat kecelakaan tersebut.



(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id