Negara ASEAN Harus Tiru Indonesia dalam Bantu Rohingya
Warga Rohingya yang saat ini mengungsi di Cox's Bazar, Bangladesh. (Foto: AFP).
Jakarta: Direktur Human Rights Burma yang berbasis di London, Kyaw Win, mengapresiasi gerak Indonesia dalam membantu menangani krisis Rohingya. Ia berharap Indonesia tetap dalam komitmennya tersebut.

"Indonesia merupakan negara yang harus dicontoh oleh negara-negara ASEAN lainnya. Indonesia merupakan role model di ASEAN. Indonesia mau dan berusaha untuk membantu menyelesaikan krisis Rohingya," kata Kway di Wisma Antara, Jakarta, Rabu 14 November 2018.

"Myanmar harusnya menerima rekomendasi-rekomendasi yang Indonesia berikan dan melaksanakannya, termasuk rekomendasi dari Kofi Annan," lanjut dia.


Meski demikian, Kway tidak setuju jika repatriasi Rohingnya dari Bangladesh ke Myanmar dilakukan dalam waktu dekat. Ia menilai kondisi di Rakhine masih membahayakan untuk Rohingya.

Sejak pecahnya bentrokan antara militer Myanmar dan Rohingya pada Agustus 2017, Indonesia langsung menyalurkan bantuan kepada Rohingya yang ditujukan ke kamp penampungan di Cox’s Bazar. Bantuan pertama dikirim pada September 2017.

Bantuan tersebut terdiri dari tanki air dengan kapasitas 500 liter, alat penjernih air, obat-obatan, makanan, makanan siap saji. Bantuan ini adalah kebutuhan yang dirasakan sangat mendesak bagi orang-orang di Cox’s Bazar.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi juga kerap mengingatkan mengenai implementasi rekomendasi dari Kofi Annan. Hal ini termasuk masalah pembangunan ekonomi, pendidikan dan kesehatan juga merupakan elemen-elemen yang masuk dalam rekomendasi tersebut.



(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id