Pertemuan Pangeran Mohammed bin Salman dengan Perdana Menteri Inda Narendra Modi di New Delhi. (Foto: AFP).
Pertemuan Pangeran Mohammed bin Salman dengan Perdana Menteri Inda Narendra Modi di New Delhi. (Foto: AFP).

Putra Mahkota Arab Saudi ke India Sepakati Investasi Rp1.405 Triliun

Internasional india arab saudi
Marcheilla Ariesta • 21 Februari 2019 10:22
New Delhi: Kedatangan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman ke India menghasilkan investasi sebesar USD100 miliar atau setara Rp1.405 triliun untuk dua tahun ke depan.
 
Investasi tersebut terbagi dalam beberapa bidang, seperti penyulingan minyak, petrokimia, infrastruktur, pertanian, manufaktur, dan sebagainya.
 
Sementara itu, putra mahkota yang kerap disapa MBS tersebut juga mengatakan ada investasi di bidang teknologi, sebesar USD10 miliar dollar atau sekitar Rp140 miliar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami berharap peluang yang kami kembangkan di India, di berbagai bidang akan melebihi USD100 miliar selama dua tahun ke depan," ucap MBS pada konferensi pers dengan Perdana Menteri IndiaNarendra Modi, dikutip dari Arab News, Kamis 21 Februari 2019.
 
"Kami ingin bekerja sama sebagai dua pemerintah untuk memastikan investasi ini mencapai hasil yang menguntungkan," imbuhnya.
 
Baca juga: Arab Saudi-Pakistan Sepakati Investasi Senilai Rp282 Triliun.
 
Dalam kunjungannya tersebut, MBS menandatangani lima perjanjian dengan Modi, termasuk diantaranya investasi, pariwasata, perumahan, informasi, dan penyiaran. MBS berharap hubungan Kerajaan Saudi dan India akan berkontribusi untuk menciptakan lapangan kerja sesuai dengan target pada Visi 2030.
 
Dalam kunjungan Modi ke Arab Saudi pada 2016 silam, nilai investasi telah mencapai USD44 miliar di bidang penyulingan dan petrokimia. Kini kedua negara berencana untuk memperluas kapasitas penyimpanan minyak di India.
 
Arab Saudi juga ingin menjadikan India sebagai pusat regional penting dalam mendistribusikan minyak dan produk turunannya.
 
"Sebagai tetangga yang menjamin memenuhi kebutuhan energi kita, Kerajaan Arab Saudi menganggap India sebagai mitra terpenting," ucap Modi.
 
"Kami telah meningkatkan hubungan melalui kemitraan strategis," katanya.
 
Baca juga: Pakistan Akan Berikan Penghargaan Tertinggi ke Pangeran Saudi.
 
Sebelumnya, sang putra mahkota melakukan lawatan kenegaraan ke Pakistan. Dengan Pakistan, kesepakatan investasi yang diperoleh senilai USD20 miliar atau setara Rp282,8 triliun.
 
Sang pangeran dijadwalkan akan melanjutkan tur Asia ke Tiongkok, setelah sebelumnya membatalkan kunjungan kenegaraan ke Indonesia dan Malaysia.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif