Aktivitas di Bandara Internasional Changi di Singapura. (Foto: AFP)
Aktivitas di Bandara Internasional Changi di Singapura. (Foto: AFP)

Singapura Terapkan Aturan Baru, Paspor WN Asing Tak Perlu Dicap

Internasional singapura
Arpan Rahman • 17 April 2019 17:07
Singapura: Mulai 22 April mendatang, warga negara yang mengunjungi Singapura tidak perlu menyerahkan paspor untuk dicap petugas saat meninggalkan negara tersebut. Aturan baru ini diumumkan Otoritas Keimigrasian Singapura (ICA) pada Rabu 17 April 2019.
 
ICA menyebut aturan baru ini bertujuan mempercepat proses pelepasan warga asing yang hendak meninggalkan Singapura. Sebelumnya, semua warga asing yang meninggalkan Singapura harus menyerahkan paspor untuk dicap petugas. Cap tersebut meliputi tanggal kepulangan sang pemilik paspor dari Singapura.
 
"Sejak September 2016, warga negara asing yang sidik jarinya telah didaftarkan via sistem Bioscreen saat datang ke Singapura, dapat menggunakan jalur khusus saat meninggalkan Singapura," kata ICA, dilansir dari laman Channel News Asia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mereka yang menggunakan jalur khusus tersebut tidak perlu cap paspor. Lewat aturan baru per 22 April mendatang, mereka yang tidak mendaftar di Bioscreen juga boleh meninggalkan Singapura tanpa cap di paspor.
 
Sebagai bentuk sosialisasi, ICA akan menginformasikan aturan baru ini ke semua negara.
 
Senin kemarin, ICA telah memulai uji coba sistem baru selama enam bulan di Tuas Checkpoint. Warga Singapura yang menggunakan jalur otomatis di Tuas Checkpoint tidak perlu menyerahkan paspor atau sidik jari. Identitas mereka terverifikasi melalui sistem pemindai iris mata dan wajah.
 
Oktober tahun lalu, ICA juga mengumumkan uji coba kartu elektronik terbaru untuk menggantikan versi lama bagi warga asing yang datang ke Singapura. Para turis yang hendak datang ke Singapura dapat menyerahkan data mereka sebelum berangkat via situs atau aplikasi ICA.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif