Korsel Beri Dukungan untuk Palu dan Donggala
Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Kim Chang-beom. (Foto: Marcheilla Ariesta/Medcom.id).
Jakarta: Korea Selatan (Korsel) menunjukkan betapa dekatnya hubungan antara Seoul dan Jakarta. Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Kim Chang-beom mengatakan pihaknya akan membantu Indonesia pasca gempa di Sulawesi Tengah.
 
Baca juga: Inggris Kirim Bantuan untuk Korban Gempa Sulteng.
 
Di resepsi Hari Kemerdekaan dan Angkatan Bersenjata Korsel, Kim menuturkan belasungkawa atas gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Dia berharap masyarakat Indonesia diberikan kesabaran dalam menghadapi situasi tersebut.
 
"Semoga situasi di Indonesia cepat pulih," ujar Kim di Westin Hotel, Jakarta, Selasa 2 Oktober 2018.
 
Kim menambahkan pemerintahnya memberikan bantuan sebesar USD 1 juta untuk membantu meringankan para korban. Selain itu, tanda tagar Doa untuk Donggala dan Palu juga terpampang di panggung.
 
Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto menyatakan terima kasihnya atas perhatian dari pemerintah dan masyarakat Korea Selatan.
 
"Terima kasih karena Korea Selatan memperlihatkan dukungan kuat untuk Indonesia. Sekali lagi kami sampaikan terima kasih," tuturnya.
 
Baca juga: Citra Satelit Perlihatkan Dampak Gempa Palu.
 
Hubungan Indonesia dan Korea Selatan saat ini masuk dalam kerja sama strategis khusus. Kedua negara berniat memperkuat hubungan, terutama di bidang ekonomi dan industri serta sumber daya manusia.
 
Bahkan, untuk mencapai hal tersebut, Indonesia dan Korsel sepakat meningkatkan trade balance hingga USD30 miliar hingga 2022 mendatang.
 
Tak hanya mengenai hubungan kedua negara, Indonesia juga mendukung terciptanya perdamaian di Semenanjung Korea. Indonesia, kata Moon, merupakan salah satu negara yang terus mendukung denuklirisasi dan kesepakatan damai di wilayah tersebut.
 
Selain Airlangga, hadir pula dalam kesempatan tersebut, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhaikiri, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, Menteri Perhubungan Budi Karya, Ketua Dewan Perwakilan Daerah Oesman Sapta Odang  serta para pejabat dan duta besar negara sahabat di Indonesia.



(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id