Remaja India Dirawat Intensif usai Diperkosa dan Dibakar
Polisi menahan pelaku pemerkosaan dan pembakaran seorang remaja putri di distrik Pakur, Jharkhand, India, 6 Mei 2018. (Foto: AFP/STR)
Jharkhand: Seorang remaja putri berusia 17 tahun berjuang untuk hidup dalam perawatan intensif di rumah sakit, Senin 7 Mei 2018, usai dirinya diperkosa dan dibakar pelaku kejahatan. Ini merupakan kasus kedua yang mengguncang India dalam beberapa hari terakhir.

Remaja tersebut diserang pada Jumat lalu -- hari yang sama saat bocah perempuan berusia 16 tahun diperkosa dan dibakar hingga tewas. Dua peristiwa ini sama-sama terjadi di negara bagian Jharkhand. 

Kedua peristiwa ini menyoroti perlakuan aparat keamanan terhadap kasus pemerkosaan di India. Otoritas India telah mendapat tekanan publik untuk bertindak tegas setelah terjadinya kasus pemerkosaan dan pembunuhan bocah perempuan berumur delapan tahun beberapa bulan lalu. 


Pada 2012, kasus pemerkosaan dan pembunuhan seorang siswi di sebuah bus di New Delhi memicu unjuk rasa massal. 

"Korban mengalami 70 persen luka bakar. Ada kemungkinan dia bisa bertahan hidup," ujar Shailendra Barnwal, aparat polisi dari distrik Pakur, kepada AFP

"Ia telah dipindahkan ke sebuah rumah sakit swasta dengan fasilitas khusus agar mendapat perawatan yang tepat," tambah dia. 

Polisi telah menangkap pelaku yang berusia 19 tahun. Pria itu tinggal di wilayah yang sama dengan korban. "Dia menyiramkan bensin ke remaja putri itu dan membakarnya," tutur Barnwal. 

Sementara itu 15 orang telah ditahan dalam kasus perkosaan dan pembunuhan bocah perempuan 16 tahun. Tersangka utama dalam kasus ini dilaporkan geram atas hukuman kepala desa, yang mengharuskan dirinya melakukan 100 sit-up dan denda USD750 karena telah memerkosa seorang perempuan. 

Tersangka kemudian menyerang orangtua korban dan membakar rumah mereka. Korban sedang berada di rumah ketika itu. 

Sekitar 40 ribu kasus pemerkosaan dilaporkan terjadi di India pada 2016. Namun sejumlah aktivis menyebut angka sesungguhnya lebih tinggi, karena banyak korban yang enggan melapor karena stigma buruk di tengah masyarakat.



(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360