Ilustrasi oleh Medcom.id.
Ilustrasi oleh Medcom.id.

Sandera Warga, Penculik Tewas Ditembak Polisi Tiongkok

Internasional penculikan tiongkok
Fajar Nugraha • 13 Januari 2020 12:24
Beijing: Polisi di Tiongkok menembak dan membunuh seorang penculik yang menyandera tiga orang dengan menggunakan senjata rakitan dan alat peledak. Kasus semacam ini jarang sekali terjadi di Negeri Tirai Bambu.
 
Aksi tersebut berlangsung pada Minggu 12 Januari, di Kota Hohhot, sekitar pukul 11:00 waktu setempat.
 
“Tersangka, bermarga Zhou, telah menembakkan pistol sebagai ancaman,” keterangan pihak Kepolisian Hohhot di akun mereka di platform sosial media, Weibo, dikutip AFP, Senin, 13 Januari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Malam harinya, petugas dengan tegas menembak dan membunuh tersangka, sebelum berhasil melepaskan alat peledak dari sandera. Kasus ini sedang diselidiki lebih lanjut,” imbuh pihak kepolisian.
 
Insiden yang melibatkan bahan peledak buatan sendiri pernah terjadi di beberapa tempat lain di Tiongkok. Seperti Provinsi Liaoning timur laut, di mana tiga orang terluka dalam serangan terhadap kantor polisi Maret lalu.
 
Pada Juli 2018, seorang pria berusia 26 tahun meledakkan sebuah ledakan kecil di luar Kedutaan Besar Amerika Serikat di Beijing. Kejadian itu melukai tangan pelaku dan memicu asap membumbung ke udara.
 
Namun, kekerasan senjata jarang terjadi di Tiongkok, di mana pemerintah dengan ketat membatasi kepemilikan senjata api. Tidak ada statistik resmi tentang kematian terkait senjata.
 
Maret lalu, seseorang yang memegang senjata menewaskan lima orang di Mongolia Dalam sebelum ditangkap.
 
Pada Juni 2017, ledakan bom menewaskan delapan orang dan melukai puluhan di luar taman kanak-kanak di wilayah timur Tiongkok dan pada November tahun yang sama, tiga orang ditembak mati dan enam lainnya luka-luka di Provinsi Guangdong.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif