Salah satu sudut kota Pyongyang, Korut. (Foto: AFP)
Salah satu sudut kota Pyongyang, Korut. (Foto: AFP)

Korut Kerap Izinkan Warga Saksikan Proses Eksekusi

Internasional korea utara
Sonya Michaella • 13 Juni 2019 10:09
Pyongyang: Sebuah kelompok LSM asal Korea Selatan(Korsel) merilis sebuah laporan yang menunjukkan ada 318 lokasi di Korea Utara (Korut) yang digunakan pemerintah untuk melakukan eksekusi. Tak hanya itu, Korut juga mengizinkan warga sekitar untuk menontonnya.
 
LSM The Transitional Justice Working Group mengaku telah mewawancarai 610 pembelot Korut selama empat tahun terakhir untuk menyusun laporan ini.
 
Dilansir dari BBC, Kamis 13 Juni 2019, eksekusi umumnya dilakukan di dekat sungai, ladang, pasar, sekolah, dan lapangan olahraga. Warga Korut pun diperbolehkan untuk menonton proses eksekusi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Eksekusi dilakukan dari pelanggaran ringan seperti menonton siaran televisi Korsel dan mencuri sapi," tulis laporan tersebut.
 
Anggota keluarga dari mereka yang dihukum mati kadang-kadang dipaksa untuk melihat proses eksekusi. Jenazah dan lokasi pemakaman jasad juga jarang diberitahu ke keluarga.
 
Baca:KTT Hanoi Gagal, Korut Eksekusi Utusan Khusus dan 4 Pejabat
 
Sejumlah lokasi seperti penjara dan kamp kerja paksa juga kerap menjadi tempat penahanan karena kejahatan politik. Mereka dipaksa melakukan pekerjaan fisik.
 
Seorang pembelot yang sempat ditahan di sebuah kamp pada awal tahun 2000-an mengaku sekitar 80 narapidana di tempatnya ditahan dipaksa menyaksikan eksekusi tiga wanita. Mereka dieksekusi dengan tuduhan berusaha melarikan diri ke Tiongkok.
 
Para pejabat tinggi Korut juga kabarnya kerap dieksekusi jika melakukan kesalahan. Tahun 2013, paman dari pemimpin Korut Kim Jong-un bahkan juga menjadi salah satu yang dieksekusi.
 
Masih di tahun yang sama, penyanyi asal Korut Hyon Song-wol diberitakan telah dieksekusi di depan publik dengan cara ditembak.
 
Namun, tiba-tibaia muncul kembali pada tahun 2018 sebagai bagian dari delegasi Korut yang mengunjungi Korsel menjelang Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang.

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif