Ilustrasi oleh Medcom.id.
Ilustrasi oleh Medcom.id.

Tambang Emas Roboh di Afghanistan, Menewaskan 30 Orang

Internasional afghanistan
Arpan Rahman • 07 Januari 2019 14:04
Kohistan: Setidaknya 30 orang tewas dalam insiden robohnya tambang emas di timur laut Afghanistan. Tujuh lainnya terluka dalam insiden di distrik Kohistan di Provinsi Badakhshan.

Penduduk desa menggali lubang sedalam 60 meter di dasar sungai untuk mencari emas dan berada di dalamnya ketika tembok runtuh.

"Orang-orang menggunakan excavator untuk menggali lubang besar di sungai ketika itu runtuh, menjebak lusinan pekerja," seperti dikatakan Gubernur Badakhshan, Mohammed Rustam Raghi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"Setidaknya 30 orang tewas dan tujuh lainnya cedera," tambahnya, seperti disitir dari laman Sky News, Minggu 6 Januari 2019. Tidak jelas mengapa poros itu runtuh. Namun, juru bicara gubernur provinsi, Nik Mohammad Nazari, mengatakan kepada AFP bahwa para penambang itu bukan profesional.

"Penduduk desa terlibat dalam bisnis ini selama beberapa dekade tanpa kendali pemerintah atas mereka," kata Nazari.

"Kami telah mengirim tim penyelamat ke daerah itu, tetapi penduduk desa sudah mulai memindahkan mayat dari lokasi," cetusnya.

Helikopter dari Kementerian Pertahanan Afganistan telah diterbangkan buat mengirimkan uang tunai kepada keluarga para korban dan menerbangkan yang terluka ke rumah sakit, kata Hashmat Bahaduri, juru bicara otoritas manajemen bencana nasional.

Dia mengatakan bahwa keluarga korban luka-luka akan menerima dana sebesar 10.000 afghani sebagai kompensasi, sementara mereka yang meninggal akan mendapat 50.000 afghani.

Badakhshan adalah provinsi terpencil di pegunungan di timur laut Afghanistan yang berbatasan dengan Tajikistan, Tiongkok, dan Pakistan. Penambangan ilegal biasa di Afghanistan, yang kaya akan sumber daya, di mana Taliban bergantung pada sektor ini untuk sebagian besar pendapatannya.

Usaha ini memiliki lebih dari 1.400 bidang mineral, mengandung barit, kromit, batu bara, tembaga, dan emas di antara banyak mineral lainnya.


(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi