Dua Inovasi Kemenlu RI Raih Penghargaan
Wakil Menteri Luar Negeri RI AM Fachir (kanan) menerima penghargaan. (Foto: Dok. KJRI Kota Kinabalu)
Jakarta: Kementerian Luar Negeri RI berhasil menyabut penghargaan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik se-Indonesia  yang diadakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. 

Inovasi yang dimenangkan Kemenlu RI adalah program MENIKUM (Menikah untuk Melindungi) yang dibangun oleh KJRI Kota Kinabalu, serta program JARUM PENTUL (Jadi Relawan Museum Itu Penting dan Gaul) yang dibangun oleh Museum Asia Afrika di bawah Direktorat Jenderal Diplomasi Publik.

Penghargaan diterima oleh Wakil Menteri Luar Negeri RI AM Fachir dari Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. 


Menurut keterangan tertulis dari KJRI Kota Kinabalu yang diterima Medcom.id, Rabu 7 November 2018, program MENIKUM adalah program inovasi pelayanan publik untuk proses pengesahan pernikahan bagi WNI di wilayah kerja KJRI Kota Kinabalu yaitu wilayah negara bagian Sabah, Malaysia. 

Program ini merupakan implementasi dari Nawacita untuk menghadirkan peran negara di hadapan seluruh WNI, serta selaras dengan kebijakan Menteri Luar Negeri RI untuk memberikan pelindungan "Beyond Protection".

Konsul Jenderal RI untuk Kota Kinabalu, Khrisna Jaelani, menjelaskan bahwa program tersebut telah dimulai sejak tahun 2011 dan telah dimanfaatkan oleh 2.600 orang.

Menurut Khrisna, program ini secara nyata telah memberikan perlindungan kepada anak-anak yang lahir dari pernikahan tersebut, yang tidak hanya dari segi terpenuhi hak-hak dasar serta kejelasan status hukum seorang anak, juga namun kemudahan untuk mendapatkan akses pendidikan yang layak dan pengurusan dokumen resmi seperti akte kelahiran maupun Paspor.

Sementara itu, JARUM PENTUL merupakan program kerelawanan yang mempromosikan kebiasaan baru bahwa tanggung jawab pengembangan museum tidak melulu oleh museum tetapi juga oleh masyarakat, terutama generasi muda. 




(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id