Kebakaran hutan di Australia. (Foto: AFP).
Kebakaran hutan di Australia. (Foto: AFP).

PM Australia Bantah Kebijakan Iklimnya Picu Kebakaran Hutan

Internasional kebakaran hutan
Marcheilla Ariesta • 21 November 2019 13:51
Sydney: Perdana Menteri Australia Scott Morrison membantah jika kebijakan iklimnya menyebabkan kebakaran hutan parah di Negeri Kanguru itu. Dia juga menegaskan pemerintahnya telah melakukan cukup banyak upaya untuk mengatasi pemanasan global.
 
"Australia telah melakukan bagian kita," kata Morrison membela catatan iklimnya, dilansir dari Channel News Asia, Kamis 21 November 2019.
 
Sebelumnya Morrison menolak berkomentar mengenai hubungan antara perubahan iklim dan kebakaran yang mematikan ini. Menurut pihak berwenang, kebakaran sebesar ini belum pernah terjadi sebelumnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Anggapaan bahwa Australia yang hanya menyumbang 1,3 persen dari total emisi dunia memberikan dampak langsung terhadap peristiwa kebakaran ini tak didukung bukti ilmiah yang kredibel," imbuh Morrison.
 
Bahkan, Morrison menyatakn Canberra terus melakukan respons terhadap perubahan iklim dan berusaha membingkai isu ini sebagai masalah global.
 
Hampir semua kalangan masyarakat menarik kesimpulan jika kebakaran hutan ini berhubungan dengan perubahan iklim. Kekeringan dan kondisi cuaca yang ekstrim menyebabkan kebakaran.
 
Semua negara bagian utama Australia, dan Northern Territory, mencatat suhu lebih dari 40 derajat Celsius pada Rabu. Di saat bersamaan, penduduk diperingatkan untuk mengungsi dari wilayah yang dikategoorikan beresiko tinggi.
 
Sebuah peringatan kode merah kebakaran hutan yang menandakan kondisi terburuk yang mungkin terjadi juga dikeluarkan untuk negara bagian Victoria pada Kamis.
 

(WAH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif