Pil yaba merupakan gabungan antara sabu dan kafein. (Foto: AFP)
Pil yaba merupakan gabungan antara sabu dan kafein. (Foto: AFP)

Polisi Thailand Tak Sengaja Lelang Mobil Berisi Sabu

Internasional thailand
Willy Haryono • 26 Januari 2020 10:13
Bangkok: Unit narkotika kepolisian Thailand telah meminta maaf karena tak sengaja melelang sebuah mobil yang berisi puluhan ribu tablet metamfetamina atau biasa juga disebut sabu. Narkotika tersebut tersembunyi di bagian bemper mobil.
 
Seorang pembeli telah membayar THB586 ribu atau setara Rp260 juta untuk mobil Honda CR-V di sebuah acara lelang kepolisian Thailand. Mobil itu merupakan hasil operasi pemberantasan narkoba tahun lalu.
 
Saat mobil itu dibawa ke bengkel untuk dimodifikasi, seorang mekanik menemukan 94 ribu pil sabu di bagian bemper. Pemilik mobil pun langsung melaporkan temuan itu ke polisi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sesuai protokol, kami memeriksa setiap kendaraan yang kami terima, tidak terkecuali untuk mobil ini. Tapi kami tidak menemukan apa-apa saat itu, mungkin karena narkobanya disembunyikan dengan sangat baik," kata Sekretaris Jenderal Dewan Pengendalian Narkotika Thailand (ONCB) Niyom Termsrisuk, dilaporkan dari Bangkok Post dan dikutip BBC, Sabtu 25 Januari 2020.
 
Termsrisuk mengonfirmasi bahwa pil yaba -- gabungan sabu dan kafein -- ditemukan di dalam beberapa kotak yang tersembunyi di balik ruangan rahasia di bagian bemper mobil.
 
Dalam penyitaan tahun lalu di provinsi Chiang Rai, polisi menemukan 100 ribu pil yaba di kursi belakang mobil tersebut. Termsrisuk menyebut pemilik mobil dan juga mekanik bengkel yang menemukan tambahan 94 ribu pil itu akan mendapat hadiah atas koordinasi yang baik dengan kepolisian.
 
Yaba, atau "obat gila" dalam Bahasa Thailand, biasanya diselundupkan ke Negeri Gajah Putih dari Myanmar. Pil berwarna merah atau pink ini biasanya dijual dengan harga yang relatif murah.
 
Pada 2018, otoritas Thailand telah menyita total 516 juta tablet sabu dalam berbagai operasi.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif