Terkait Bencana, Jepang Belajar dari Masa Lalu
Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii (kanan) sebut negaranya belajar dari masa lalu dalam penanggulangan bencana. (Foto: Sonya Michaella/Medcom.id).
Jakarta: Jepang selalu siap untuk bencana tsunami dan gempa bumi. Pasalnya, Jepang selalu belajar dari kejadian di masa lalu. Jepang merupakan negara yang terletak di Cincin Api sehingga kerap dilanda gempa bumi dan tsunami.
 
"Sekarang kami lebih bisa mempersiapkan diri. Bencana alam memang tidak bisa kita prediksi. Tapi setidaknya, kita sudah bersiap-siap," kata Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii, di Gedung RRI, Jakarta, Senin 29 Oktober 2018.
 
Dubes Ishii menjelaskan, pemerintahannya pun telah memetakan area yang kerap dilanda gempa bumi hingga tsunami. Tak hanya itu, Pemerintah Jepang juga memiliki rencana aksi.
 
"Kita sudah mapping area dan kita juga memiliki plan of action ketika bencana datang. Evakuasi awal adalah hal yang paling utama harus dilakukan," lanjut dia.
 
Di samping itu, Dubes Ishii juga menjelaskan bahwa Jepang kini memiliki aplikasi berbasis pengingat jika ada gempa sekecil apapun terjadi. Aplikasi tersebut memuat semua info terkait gempa dan penanganan dari pemerintah.
 
"Yang jelas, kami memang belajar dari kesalahan di masa lalu. Dari bencana alam yang sudah menimpa kami agar kami bisa lebih berhati-hati dan juga siap mengevakuasi diri sendiri dan keluarga," tukas dia.
 
Gempa kuat yang berhasil memporak-porandakan Jepang adalah gempa berkekuatan 6,7 Skala Richter (SR) yang mengguncang Hokkaido pada awal September. Bebarengan dengan itu, Jepang juga sedang dilanda terpaan Topan Jebi.



(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id