Direktur Diplomasi Publik Kemenlu RI Azis Nurwahyudi. (Foto: Marcheilla/Medcom)
Direktur Diplomasi Publik Kemenlu RI Azis Nurwahyudi. (Foto: Marcheilla/Medcom)

Kemenlu Buka Kesempatan Pemuda Belajar ke AS

Internasional kemenlu indonesia-as
Marcheilla Ariesta • 03 Mei 2019 13:13
Jakarta: Memperingati 70 tahun hubungan bilateral RI dan Amerika Serikat (AS), sebanyak 10 anak-anak muda akan diboyong ke Negeri Paman Sam. Ini merupakan bagian dari Program Outstanding Youth for the World (OYTW) Kemenlu bekerja sama dengan Kedutaan Amerika Serikat.
 
"Jadi nantinya kita akan membawa 10 pemuda berprestasi. Ini merupakan program Outstanding Youth for The World Kemenlu dan International Leadership Visit Program milik Kedutaan AS," kata Direktur Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri RI Azis Nurwahyudi , di Jakarta, Jumat, 3 Mei 2019.
 
Azis mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mempererat hubungan antarmasyarakat Indonesia dan AS. Karenanya, para peserta nanti akan tinggal bersama dengan keluarga-keluarga angkat di sana.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sengaja kita ajak mereka tinggal bersama dengan warga AS supaya mereka bisa mengenal kebudayaan di sana dan mempromosikan Indonesia," imbuh Azis.
 
Pendaftaran untuk Program Outstanding Youth for The World ini masih dibuka hingga 10 Mei. Program ini ditujukan kepada mahasiswa aktif dari berbagai jurusan, berusia 18 hingga 25 tahun.
 
Calon peserta harus menulis essai dengan tema hubungan Indonesia dan AS ke depannya. Nanti dari essai akan dipilih 40 semifinalis.
 
"Dari 40 semifinalis akan kita seleksi lagi menjadi 20 finalis. Nanti 10 orang akan dipilih dan dibawa ke AS. Sementara 10 lainnya akan kita libatkan kegiatan lain," terangnya.
 
Untuk pendaftaran, Azis mengatakan bisa dilihat di website Kemenlu di www.kemlu.go.id.
 
Program Outstanding Youth for the World ini sudah dimulai sejak 2012. Tahun lalu, Kemenlu bekerja sama dengan Australia membawa sekitar 18 pemuda.
 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif