Seorang prajurit Vietnam berdiri di pangkalan udara Bien Hoa. (Foto: AFP)
Seorang prajurit Vietnam berdiri di pangkalan udara Bien Hoa. (Foto: AFP)

AS Mulai Operasi Pembersihan Situs Perang Vietnam

Internasional amerika serikat vietnam
Willy Haryono • 21 April 2019 10:04
Bien Hoa: Amerika Serikat memulai operasi pembersihan di sebuah pangkalan udara di Vietnam yang pernah dipakai untuk menyimpan bahan kimia berbahaya di era Perang Vietnam, Agent Orange.
 
Program pembersihan selama 10 tahun ini dilakukan lebih dari empat dekade usai berakhirnya Perang Vietnam. Biaya pembersihan diestimasi mencapai USD183 juta atau setara Rp2,5 triliun.
 
Pangkalan udara Bien Hoa, yang terletak di luar kota Ho Chi Minh, dianggap sebagai situs paling terkontaminasi Agent Orange di Vietnam. Agent Orange adalah bahan kimia yang digunakan pasukan AS dalam menghancurkan hutan dan membongkar tempat persembunyian musuh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Agent Orange terdiri dari dioxin, salah satu bahan kimia paling beracun bagi manusia. Bahan kimia ini dikait-kaitkan dengan meningkatnya risiko kanker dan juga cacat pada bayi baru lahir.
 
Vietnam mengatakan jutaan orang telah terkena imbas Agent Orange, termasuk 150 ribu anak-anak yang terlahir cacat. Di Bien Hoa, bahan kimia dioxin telah mengkontaminasi tanah dan juga beberapa sungai di dekatnya.
 
Tingkat dioxin di Bien Hoa empat kali lebih tinggi dari yang ditemukan di bandara Danang, di mana operasi pembersihan telah selesai dilakukan pada November lalu.
 
Agensi Pembangunan AS atau USAID, yang berada di balik operasi pembersihan, menyebut Bien Hoa sebagai "situs terbesar" dioxin saat ini di Vietnam.
 
"Fakta bahwa dua mantan musuh kini bermitra dalam menjalankan tugas kompleks seperti ini merupakan sesuatu yang historis," ucap Duta Besar AS untuk Vietnam, Daniel Kritenbrink, dalam peluncuran operasi pembersihan di Bien Hoa, dilansir dari laman BBC, Sabtu 20 April 2019.
 
Lebih dari 80 juta liter Agent Orange diestimasi telah disemprotkan pasukan AS di Vietnam selatan antara tahun 1962 dan 1971.
 
Dari era 1960-an, para dokter di Vietnam mulai melihat peningkatan cacat pada bayi baru lahir, kanker dan penyakit lainnya terkait Agent Orange. AS memberikan kompensasi kepada para veteran perang Vietnam yang terkena imbas Agent Orange, tapi tidak kepada warga sipil.
 
Baca:Mattis Kunjungi Bekas Situs Terkontaminasi di Vietnam
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif