Afghanistan Umumkan Tim Negosiator untuk Dialog Taliban
Presiden Afghanistan Ashraf Ghani dalam konferensi internasional di Jenewa, Swiss, 28 November 2018. (Foto: AFP/FABRICE COFFRINI)
Jenewa: Presiden Afghanistan Ashraf Ghani mengumumkan tim beranggotakan 12 orang yang akan menggelar dialog damai dengan kelompok militan Taliban. Pembentukan tim merupakan upaya terbaru untuk mengakhiri pemberontakan Taliban yang sudah berlangsung selama 17 tahun.

Pemerintah Afghanistan, sejumlah diplomat Barat dan Perserikatan Bangsa-Bangsa telah berusaha keras dalam beberapa pekan terakhir untuk membujuk Taliban agar mau berdiskusi.

Baca: Delegasi Taliban dan Afghanistan Berdiskusi di Moskow


Dalam konferensi internasional di Jenewa, seperti disitir dari media AFP, Rabu 28 November 2018, Presiden Ghani mengatakan telah "membentuk tim beranggotakan 12 orang, berisi laki-laki dan juga perempuan, dan akan dipimpin oleh kepala staf kepresidenan (Abdul Salam) Rahimi."

Ghani juga mengaku sudah menetapkan empat prinsip yang ditegaskannya harus menjadi tulang punggung dari segala bentuk perjanjian apapun dengan Taliban. Dua dari empat poin itu adalah menghormati konstitusi Afghanistan serta menolak adanya intervensi urusan dalam negeri oleh grup kriminal atau "teroris."

Utusan Khusus Amerika Serikat untuk Afghanistan Zalmay Khalilzad, yang diyakini telah bertemu perwakilan Taliban di Qatar bulan ini, telah mendorong Ghani untuk segera membentuk tim negosiator.

Kabul telah menawarkan pertemuan langsung dengan Taliban tanpa syarat apapun. Namun Taliban belum berkomitmen terhadap segala bentuk negosiasi langsung.

"Kita memiliki kesempatan langka untuk bergerak menuju dialog damai antara pemerintah Afghanistan dan Taliban," ucap Wakil Sekretaris Jenderal PBB Rosemary A. Dicarlo, membacakan pesan yang dibuat Sekjen PBB Antonio Guterres. "Kita tidak bisa melewatkan kesempatan ini," lanjutnya.

Sebelumnya pada bulan ini, Ghani menyebut kata yang seharusnya ditanyakan mengenai perjanjian damai dengan Taliban adalah bukan "jika," tapi "kapan."



(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id