PM Jepang Puji Hasil KTT Korea, Desak Tindakan Nyata
Pernyataan bersama Kim Jong-un dan Moon Jae-in (Foto: AFP).
Tokyo: Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyambut baik kesepakatan akhir yang dicapai oleh Korea Selatan (Korsel) dan Korea utara (Korut), Jumat 27 April 2018.
 
(Baca: Deklarasi Panmunjom Ditandatangani, Korsel-Korut Sepakat Denuklirisasi).
 
Presiden Korsel Moon Jae-in dan Pemimpin Korut Kim Jong-un menandatangani Deklarasi Panmunjom. Keduanya sepakat untuk melakukan denuklirisasi dan perdamaian permanen di Semenanjung Korea.
 
"Hari ini Presiden Moon Jae-in dan Kim Jong-un melakukan pembicaraan tulus mengenai Denuklirisasi Korut. Saya menyambut baik kesepakatan ini sebagai langkah yang positif menuju resolusi yang komprehensif terkait isu Korut," tutur Abe, seperti dikutip AFP, Jumat 27 April 2018.
 
"Kami harap Korut akan mengambil langkah konkret terkait pertemuan ini dan tentunya pertemuan mendatang antara Amerika Serikat dan Korut," imbuh Abe.
 
Denuklirasi Semenanjung Korea adalah salah satu kesepakatan yang tercapai antara Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in dan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un hari ini.
 
Sejumlah kesepakatan tertulis bertajuk Deklarasi Panmunjom sudah ditandatangani keduanya, sore hari waktu Seoul.
 
Kedua tokoh sepakat untuk mengurangi ketegangan antarmiliter dan mempromosikan perdamaian abadi di Semenanjung Korea.
 
Selain itu, Moon dan Kim juga sepakat untuk menghentikan setiap tindakan yang menunjukkan permusuhan dari kedua belah pihak sebagai upaya untuk mengakhiri Perang Korea 1950-1953 secara formal.



(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360