Dua di antara empat tersangka teroris. (Foto: Bernama)
Dua di antara empat tersangka teroris. (Foto: Bernama)

Malaysia Tangkap 4 Terduga Teroris Termasuk Rohingya

Internasional malaysia rohingya
Sonya Michaella • 10 Juli 2019 07:00
Kuala Lumpur: Malaysia menahan empat warga asing yang diduga terlibat dalam kelompok terorisme. Dua dari warga asing tersebtu adalah pengungsi Rohingya.
 
Kedua pengungsi Rohingya ini ditahan karena kedapatan memberi dukungan kepada kelompok ARSA, kelompok pemberontak di Rakhine yang bentrok dengan militer Myanmar pada 2017 silam.
 
Dilansir dari Channel News Asia, Rabu 10 Juli 2019, salah satu tersangka yang berusia 41 tahun juga pernah melontarkan ancaman pembunuhan terhadap Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina dalam sebuah video yang diunggah ke media sosial.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Malaysia merupakan salah satu dari sekian negara di Asia Tenggara yang menjadi tempat pelarian pengungsi Rohingya dari Rakhine State, Myanmar. Kebanyakan mereka bekerja sebagai pegawai konstruksi.
 
Sementara itu, satu tersangka merupakan warga negara Filipina berusia 54 tahun yang diduga memiliki relasi dengan kelompok teroris Abu Sayyaf, yang bersumpah setia kepada ISIS.
 
Tersangka lain adalah warga negara India berusia 24 tahun yang diduga berperan sebagai fasilitator bagi anggota senior Babbar Khalsa Internasional (BKI), sebuah kelompok separatis beraliran Sikh.
 
Menurut laporan, ia mengirimkan dana sebesar 7.600 Ringgit untuk mendanai kegiatan BKI di Asia Tenggara.
 
Negeri Jiran kini semakin memperketat negara dari ancaman terorisme. Pada 2016 lalu, untuk pertama kalinya bom meledak di sebuah bar di pinggiran Kuala Lumpur dan melukai delapan orang.
 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif