Warga Thailand mendesak pemilu segera diadakan. (Foto: AFP)
Warga Thailand mendesak pemilu segera diadakan. (Foto: AFP)

Pemilu Thailand Digelar 24 Maret 2019

Internasional thailand
Sonya Michaella • 24 Januari 2019 08:03
Bangkok: Thailand akan mengadakan pemilihan umum pada 24 Maret 2019, setelah diundur beberapa kali. Pemilu ini adalah yang pertama diadakan sejak kudeta 2014 yang menggulingkan pemerintahan Yingluck Shinawatra.
 
"24 Maret akan menjadi hari pemilihan umum," kata seorang pejabat Komisi Pemilihan Umum Thailand, dikutip dari Channel News Asia, Kamis 24 Januari 2019.
 
Sebelumnya, Raja Thailand Maha Vajiralongkorn juga telah mengeluarkan dekrit kerajaan yang mendukung pemilihan umum pertama sejak kudeta 2014.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Keputusan itu, yang diterbitkan dalam Suratkabar Kerajaan, menyerukan pemilihan umum "pemilihan anggota parlemen" dan memberi waktu lima hari kepada Komisi Pemilihan Thailand untuk mengumumkan kapan akan mengadakan pemilu ini.
 
Baca:Raja Thailand Keluarkan Dekrit Pelaksanaan Pemilu
 
Awalnya, pemilu akan diadakan pada November 2018 dan ditunda hingga Februari 2019. Namun, ternyata rencana ini pun ditunda lagi, hingga akhirnya ditetapkan pada Maret 2019.
 
Rumor beredar bahwa penundaan ini atas permintaan Junta militer yang telah memerintah Thailand selama lima tahun belakangan. Penundaan disebabkan pemilu tidak bisa bersamaan atau dekat dengan hari penobatan Raja.
 
Upacara penobatan Raja Maha Vajiralongkorn sendiri dijadwalkan pada 4-6 Mei 2019. Sebelumnya, pemerintah akan mengadakan ritual kerajaan yang berlangsung 15 hari sebelum dan sesudah tanggal tersebut.
 
Di bawah hukum Thailand, Komisi Pemilihan Umum harus mengesahkan Anggota Parlemen yang menang dalam waktu 60 hari setelah pemungutan suara. Parlemen harus mengadakan sidang dalam waktu 15 hari dari pemilu dan Raja harus memimpin pembukaan parlemen.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi