Gedung roboh di Kota Porac, Pampanga yang mengakibatkan sedikitnya 11 orang tewas. (Foto: AFP).
Gedung roboh di Kota Porac, Pampanga yang mengakibatkan sedikitnya 11 orang tewas. (Foto: AFP).

Gempa 6,3 SR di Filipina Tewaskan 11 Orang

Internasional filipina
Marcheilla Ariesta • 23 April 2019 09:27
Manila: Gempa berkekuatan 6,3 Skala Richter mengguncang barat laut Manila. Sebelas orang tewas akibat bangunan yang roboh di dekat ibu kota Filipina tersebut.
 
Badan Survei Geologi Amerika Serikat atau USGS menyebut gempa melanda Filipina pada Senin 22 April. Menurut catatan USGS, kekuatan gempa relatif kuat, dan bahkan dapat menghancurkan sebuah bandara.
 
Kerusakan terparah terjadi di Provinsi Pampanga, yang merupakan tempat robohnya bangunan yang menewaskan 11 orang. Puluhan orang juga dilaporkan terluka akibat tertimpa puing bangunan di sejumlah wilayah, termasuk Manila.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Otoritas Filipina khawatir jumlah korban gempa dapat bertambah. Tim penolong telah dikirim ke seluruh wilayah untuk mencari korban dan mengestimasi dampak kerusakan, termasuk di beberapa desa terpencil.
 
Upaya pencarian korban gempa terhambat terputusnya aliran listrik serta komunikasi di sejumlah wilayah di Filipina.
 
Puluhan petugas penyelamat di Kota Porac menggunakan alat berat tipe crane dan jackhammer untuk membongkar struktur beton dari dari bangunan berlantai empat. Di balik reruntuhan itu, diperkirakan ada sekitar 30 orang yang hingga kini masih dilaporkan hilang.
 
"Mereka (petugas penyelamat) mendengar suara dari setidaknya satu orang yang masih hidup," kata Gubernur Pampanga Lilia Pineda, dikutip dari AFP, Selasa, 23 April 2019.
 
"Korban ini terkubur di bawah lempengan beton," imbuhnya.
 
Guncangan dahsyat juga merusak beberapa gereja yang sudah berabad-abad berdiri di Pampanga. Padahal pada Hari Paskah kemarin, gereja tersebut penuh sesak oleh warga yang beribadah.
 
Bangunan-bangunan tinggi di ibu kota juga bergoyang akibat gempa. Retakan besar terlihat di dinding sejumlah bangunan.
 
Gempa 6,3 SR itu berpusat di Kota Castillejo, sekitar 100 kilometer dari barat laut Manila. Filipina adalah bagian dari 'Cincin Api' Pasifik, wilayah rawan aktivitas seismik yang membentang dari Jepang melalui Asia Tenggara dan melintasi cekungan Pasifik.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif