17 Orang Ditangkap dalam Kerusuhan di Kuil Malaysia

Fajar Nugraha 27 November 2018 07:58 WIB
malaysia
17 Orang Ditangkap dalam Kerusuhan di Kuil Malaysia
Sebuah mobil yang dibakar oleh para perusuh di depan Kuil Sri Maha Mariamman, Selangor, Malaysia. (Foto: The Straits Times).
Shah Alam: Kerusuhan mewarnai sebuah kuil Hindu di Malaysia pada Senin 26 November 2018. 17 orang ditangkap terkait kerusuhan ini.

Kerusuhan terjadi pada sekitar pukul 2.40 pagi setelah sekitar 50 orang mencoba memasuki wilayah Kuil Hindu Sri Maha Mariamman di USJ, Subang Jaya, Selangor. Polisi membantah mereka bertindak lamban mengatasi insiden ini.

“Polisi menerima informasi bahwa insiden terjadi pada pukul 2.40 (pagi waktu setempat). Sementara tim kepolisian sudah tiba di lokasi kejadian pada pukul 2.50. Kepala polisi setempat tiba 30 menit kemudian,” ujar Inspektur Jenderal Polisi Tan Sri Mohamad Fuzi Harun, seperti dikutip The Straits Times, Selasa, 27 November 2018.


“Jika kami tidak bertindak cepat, ada kemungkinan korban tewas terjadi akibat kerusuhan itu,” imbuh Fuzi Harun.

Sekitar 700 anggota polisi sudah dikerahkan untuk mengendalikan situasi. Pihak berwenang pun meminta agar semua pihak, termasuk LSM dan politikus untuk tidak menyuarakan sentimen rasisme dalam insiden ini.

“Saya harap pihak yang tidak bertanggungjawab menghentikan spekulasi. Mereka tidak tahu situasi sebenarnya,” tegas Fuzi Harun.

“Semua pihak harus membantu meredakan keadaan, bukan memperburuk. Kami akan bertindak tegas kepada mereka yang bertanggungjawab dalam kejadian ini,” sebutnya.

Kerusuhan pecah ketika sekitar 50 orang memaksa masuk ke dalam kuil tersebut. Saat penjaga melihat massa, dia memanggil rekannya yang mencapai sekitar 200 orang. Akibatnya bentrokan tak terelakkan.

Deputi Inspektur Jenderal Polisi Tan Sri Noor Rashid pun menegaskan kembali bahwa insiden ini tidak ada kaitan dengan rasisme. Noor Rashid menyatakan bahwa kerusuhan terkait dengan kasus perebutan lahan dan diduga 50 orang yang memaksa masuk ke kuil adalah kelompok preman.



(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id