Menlu Singapura Minta Malaysia Tak Beri Aksi Provokatif
Menlu Singapura Vivian Balakrishnan. (Foto: AFP)
Singapura: Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan mendesak agar Malaysia menahan diri untuk tidak menyentuh bagian teritorial Singapura. Desakan ini disampaikan kepada Menlu Malaysia Saifuddin Abdullah.

Sebelumnya, Malaysia telah mengumumkan bahwa perluasan pelabuhan hingga mendekati wilayah laut Singapura, akan dilakukan. 

Selain itu, Malaysia juga berencana mengambil alih kendali ruang udara di Johor, yang selama ini dikelola oleh Singapura.


Baca: Perebutan Batas Maritim, Malaysia Kirim Protes ke Singapura

Vivian menegaskan, Singapura telah mengajukan protes keras atas langkah tersebut dan tidak mengambil tindakan sepihak lebih lanjut.

Dilansir dari Channel News Asia, Kamis 6 Desember 2018, Vivian mengatakan kepada Saifullah bahwa batas yang dibuat Malaysia tersebut sudah melampaui batas laut Singapura, sebagaimana ditetapkan dalam peta 1979 milik Kuala Lumpur, yang belum pernah disetujui oleh Singapura.

Baca: Singapura-Malaysia Perebutkan Batas Maritim

Meskipun Singapura telah mengirimkan nota protes kepada Malaysia, serangkaian aksi provokatif tetap muncul. Misalnya kapal Malaysia yang masuk ke perairan Singapura di lepas pantai Tuas.

Vivian juga meminta agar Malaysia bisa terus mendiskusikan masalah ini secara konstruktif demi pentingnya menjaga hubungan bilateral yang baik dan menaati hukum internasional.




(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id