Papan billboard bergambar Pangeran Mohammed bin Salman dipasang di kota Lahore, Pakistan, 16 Februari 2019
Papan billboard bergambar Pangeran Mohammed bin Salman dipasang di kota Lahore, Pakistan, 16 Februari 2019

Putra Mahkota Saudi Memulai Tur Asia di Pakistan

Internasional arab saudi pakistan
Willy Haryono • 17 Februari 2019 16:27
Islamabad: Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman tiba di Pakistan, Minggu 17 Februari 2019. Ini merupakan awal dari tur Asia Pangeran Salman, yang juga akrab disapa MBS.
 
Seperti dikutip dari kantor berita TRT World, Pangeran Salman dijadwalkan berada di Pakistan hingga Senin 18 Februari. Awalnya, sang pangeran dijadwalkan berada tiga hari di Islamabad, tapi karena suatu alasan, kunjungannya diperpendek.
 
Kunjungan dilakukan Pangeran Salman saat terjadi ketegangan antara Pakistan dengan India. Ketegangan dipicu serangan bom bunuh diri di Kashmir yang menewaskan puluhan personel keamanan India.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


India menuduh Pakistan mendukung grup militan yang melancarkan serangan tersebut. Pakistan membantah keras tuduhan, dan menawarkan India untuk bersama-sama menyelidiki serangan bom bunuh diri tersebut.
 
Dari Pakistan, Pangeran Salman akan pergi ke India untuk bertemu Perdana Menteri Narendra Modi dan Menteri Perminyakan Dharmendra Pradhan. Tur Asia akan diakhiri Pangeran Salman dengan lawatan ke Tiongkok pada Kamis dan Jumat mendatang.
 
Awalnya, Pangeran Salman juga dijadwalkan berkunjung ke Indonesia dan Malaysia pekan depan. Namun pada Sabtu kemarin, Kerajaan Arab Saudi mengumumkan bahwa Pangeran Salman menunda kunjungan ke dua negara tersebut.
 
Baca:Rencana Kunjungan Pangeran Saudi ke Indonesia Ditunda
 
Tur Asia dilakukan Pangeran Salman lima bulan usai kasus pembunuhan Jamal Khashoggi, seorang jurnalis Arab Saudi. Nama Pangeran Salman terus dikaitkan sejumlah pihak atas kematian Khashoggi, karena wartawan tersebut merupakan kritikus keras putra mahkota.
 
Riyadh awalnya membantah pembunuhan Khashoggi. Namun setelah adanya desakan dari komunitas global, Saudi akhirnya mengakui Khashoggi memang tewas di sebuah konsulat di Istanbul. Namun Arab Saudi membantah Pangeran Salman terlibat dalam pembunuhan.
 
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan meyakini otoritas Saudi berada di balik pembunuhan. Namun ia yakin Raja Saudi Salman bin Abdul Aziz Al Saud tidak terlibat.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi