Istri Anwar Ibrahim jadi Wakil PM Malaysia Perempuan Pertama
Wakil PM Malaysia, Dr Wan Azizah Wan Ismail. (Foto: AFP)
Kuala Lumpur: Dr Wan Azizah Wan Ismail, istri dari pejuang reformasi Malaysia, Anwar Ibrahim, resmi dilantik menjadi wakil perdana menteri Malaysia, kemarin.

Selain itu, Wan Azizah juga merangkap jabatan sebagai menteri perempuan dan pembangunan keluarga.

"Ini adalah penghormatan dan penghargaan yang tidak terhingga bagi semua wanita Malaysia," kata Wan Azizah sesaat sebelum pelantikan, dikutip dari Bernama, Selasa 22 Mei 2018.


Wan Azizah juga dipercaya untuk memimpin pembacaan sumpah para menteri dan mengucapkan janji loyalitas, dan kerahasiaan di depan raja Malaysia.

Sementara itu, Perdana Menteri Mahathir Mohamad dan istrinya, Siti Hasmah serta Anwar Ibrahim, menghadiri pelantikan ini. Prosesi pelantikan berlangsung di Ruang Singgahsana Kecil di Istana Merdeka.

Putri Wan Azizah dan Anwar yang juga anggota parlemen, Nurul Izzah, tak terlihat di istana. Ia mengaku sedang menemui konstituen di Permatang Pauh dan rapat dengan menteri besar Penang.

Sementara Wan Azizah merangkap jabatan, PM Mahathir membatalkan rangkapan jabatannya sebagai menteri pendidikan karena ada larangan dalam koalisi Pakatan Harapan yang dipimpinnya untuk memenangkan pemilu Malaysia kemarin. 




(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360