Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un buka kota baru di pegunungan. Foto: AFP
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un buka kota baru di pegunungan. Foto: AFP

Kim Jong-un Buka Pembangunan Kota Baru di Pegunungan

Internasional kim jong-un korea utara
Arpan Rahman • 03 Desember 2019 20:10
Pyongyang: Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un membuka proyek konstruksi di dekat Gunung Paektu. Lokasi itu menjadi simbol Korut dan secara resmi menjadi tempat kelahiran ayah dan pendahulunya.
 
Upacara diadakan di lanskap bersalju di hadapan ribuan tentara dan warga sipil, yang digambarkan sebagai demonstrasi ketahanan Korut. Negara ini dikenai sanksi internasional atas senjata nuklir dan program rudal balistik.
 
Sementara sisa waktu hampir habis dari permintaan Pyongyang kepada Amerika Serikat untuk menawarkan konsesi baru pada akhir tahun, dan menjelang pidato Tahun Baru Kim pada 1 Januari, sebagai panggung politik utama di negara yang terisolasi tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kim mengenakan mantel kulit hitam dan sarung tangan untuk pembukaan itu, dan -- dikelilingi oleh pejabat -- memotong pita merah di depan patung ayahnya Kim Jong Il.
 
Musim dingin sudah menjangkau Korut jauh di utara, dan lapisan es menggantung dari bangunan, tayangan televisi Central Television (KCTV) menunjukkan -- jalan-jalan sebagian besar kosong tertutup salju.
 
Sebuah spanduk berbunyi: "Hiduplah pemimpin besar kekuatan partai dan negara kita, kawan Kim Jong Un!"
 
“Pemimpin Kim telah bekerja sepenuh hati untuk mengubah Samjiyon County, tempat suci revolusi, menjadi kota utopia di bawah sosialisme,” kata kantor berita resmi KCNA, dinukil dari AFP, Selasa 3 Desember 2019.
 
“Warga Korea maju di sepanjang jalan lurus yang dipilih sendiri tanpa ada keraguan meskipun ada cobaan yang terburuk,” imbuh laporan KCNA.
 
Negosiasi nuklir dengan AS telah menemui jalan buntu sejak KTT Hanoi runtuh pada Februari, dan Pyongyang sudah mengeluarkan serangkaian komentar yang semakin tegas dalam beberapa pekan terakhir ketika batas waktu menjelang.
 

Dalam laporan terpisah Selasa, KCNA mengutip Wakil Menteri Luar Negeri Ri Thae Song berkata: "Hadiah apa yang diterima AS untuk Natal sepenuhnya tergantung pada keputusan AS."
 
Pyongyang telah mencurahkan sumber daya besar ke dalam pembangunan kembali Samjiyon, kota terdekat dengan Gunung Paektu, gunung berapi aktif yang melintasi perbatasan dengan Tiongkok.
 
Kim terkait erat dengan skema pembangunan dan telah mengunjungi daerah itu beberapa kali. Dia bahkan menunggang kuda putih ke puncak gunung pada Oktober.
 
Proyek Samjiyon yang luas mencakup museum kegiatan revolusioner, kompleks pelatihan olahraga musim dingin, pabrik pengolahan blueberry dan kentang, dan 10.000 apartemen.
 
Ribuan pekerja menggarap situs itu selama konstruksi, dilihat AFP, banyak dari mereka adalah tentara. Sebagian besar tentara Korut dikhususkan untuk konstruksi.
 
KCNA melaporkan sebelumnya bahwa mahasiswa telah dikirim untuk bekerja pada proyek itu selama liburan. Sementara para diplomat mengatakan anak-anak juga telah dikerahkan.
 
Menurut propaganda Korut, Kim Jong Il lahir di Kamp Rahasia Gunung Paektu terdekat tempat ayahnya sendiri Kim Il Sung melawan Jepang. Meskipun sejarawan independen dan catatan Soviet mengatakan ia sebenarnya lahir di Rusia, di mana pendiri Korut berada di pengasingan.
 
Kisah resmi memainkan peran sentral dalam ajaran Pyongyang tentang keluarga Kim, yang telah memimpin negara itu selama tiga generasi, dan setiap tahun 100.000 atau lebih mahasiswa dan pekerja dibawa dalam perjalanan studi ke daerah tersebut.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif