Mahasiswa Australia yang hilang di Korut, Alek Sigley. (Foto: AFP).
Mahasiswa Australia yang hilang di Korut, Alek Sigley. (Foto: AFP).

PM Australia Doakan Kepulangan Mahasiswa Hilang di Korut

Internasional australia
Marcheilla Ariesta • 02 Juli 2019 11:17
Sydney: Perdana Menteri Australia Scott Morrison berdoa agar pelajar yang hilang di Korea Utara bisa segera ditemukan. Dia mengatakan pihak berwenang masih terus berjuang untuk mengetahui keberadaan siswa asal Negeri Kanguru tersebut.
 
"Saya juga mencari kabar terbaru, namun hingga pagi ini, tidak ada hal itu. Memang, terlepas dari usaha ini, doa adalah jawaban saya," kata Morrison kepada awak media, dilansir dari Channel News Asia, Selasa, 2 Juli 2019.
 
Sebelumnya, Morrison mengatakan banyak pemimpin dunia telah menawarkan bantuan untuk menemukan Sigley dan membawanya pulang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ketika ditanya apakah kunjungan Presiden AS Donald Trump ke zona demiliterisasi Korea (DMZ) memberikan kesempatan bagi Amerika untuk membuat representasi, Morrison mengatakan dia tidak akan membiarkan masalah ini diangkat dengan agenda lain.
 
"Kami akan bekerja dengan semua orang untuk mengamankan keamanan Alek dan cara terbaik yang bisa kami lakukan adalah melakukannya dengan diam-diam, secara efektif, bekerja dengan mitra kami," katanya.
 
Keluarga Alek Sigley mengatakan mereka belum mendapat kabar dari pria 29 tahun itu di Pyongyang, sejak 25 Juni lalu. Mereka melapor kepada pemerintah mengenai kejadian ini.
 
Karena tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Korea Utara, pemerintah Australia melakukan pencarian melalui pihak ketiga.
 
Teman-teman Sigley mengaku mereka takut pria itu menerbitkan tulisan-tulisan mengenai kehidupannya di Korea Utara. Menurut mereka, kemungkinan tulisannya menarik perhatian pihak berwajib Pyongyang.
 
Akun Facebook Sigley bahkan raib misterius pada Sabtu kemarin. Awalnya, memang media sosialnya dihapus keluarga untuk mencegah spekulasi yang tak perlu.
 
Namun, secara misterius, akun Facebook Sigley kembali aktif semalam. Tidak diketahui siapa yang mengaktifkannya kembali atau mengapa.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif