Tim Perlindungan WNI KBRI Manila memantau situasi di Cavite, Filipina, Senin 13 Januari 2020. (Foto: KBRI Manila)
Tim Perlindungan WNI KBRI Manila memantau situasi di Cavite, Filipina, Senin 13 Januari 2020. (Foto: KBRI Manila)

WNI di Sekitar Gunung Taal Filipina Diimbau Waspada

Internasional gunung berapi filipina
Willy Haryono • 13 Januari 2020 09:41
Cavite: Warga negara Indonesia yang berada di sekitar gunung berapi Taal di Filipina diimbau untuk selalu waspada. Gunung tersebut telah mengalami erupsi dan mengeluarkan abu vulkanik pada Minggu 12 Januari, sekitar pukul 17.30 waktu setempat.
 
Filipina khawatir "erupsi eksplosif" Taal dapat terjadi "dalam hitungan jam atau hari" per Senin 13 Januari 2020.
 
"Terdapat 170 WNI yang bertempat tinggal di wilayah Cavite. Mayoritas dari mereka adalah mahasiswa," ucap keterangan tertulis KBRI Manila yang diterima Medcom.id.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pagi ini, Tim Perlindungan WNI KBRI Manila telah tiba di Cavite untuk memantau situasi. KBRI Manila berkoordinasi dengan otoritas setempat dan memberikan bantuan kepada para WNI.
 
"Jika diperlukan, tim akan mengevakuasi para WNI ke KBRI Manila," sebut pihak kedutaan.
 
KBRI Manila mengimbau semua WNI di Cavite dan sekitarnya untuk meningkatkan kewaspadaan dan mengikuti arahan otoritas setempat. Jika terpaksa keluar ruangan, WNI di Cavite disarankan menggunakan masker atau handuk basah.
 
Jika menghadapi situasi darurat, WNI di sekitar gunung Taal dapat segera menghubungi hotline KBRI Manila di nomor 0917 3198470.
 
Gunung berapi Taal, salah satu situs wisata di Filipina selatan, mengeluarkan abu vulkanik yang disertai guncangan serta sambaran petir sejak Minggu 12 Januari.
 
Ribuan orang yang tinggal di sekitar Taal telah dievakuasi. Namun masih ada sejumlah warga yang masih ragu untuk mengungsi atau tidak.
 
Setelah abu vulkanik Taal membubung hingga ketinggian 15 ribu meter, otoritas Filipina memerintahkan penghentian penerbangan dari dan menuju Bandara Internasional Ninoy Aquino (NAIA).
 
Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina (Phivolcs) mencatat, erupsi besar terakhir Taal terjadi pada 1977.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif