Duta Besar RI untuk Republik Azerbaijan, Husnan Bey Fananie. Foto: Dok. Kemenlu RI
Duta Besar RI untuk Republik Azerbaijan, Husnan Bey Fananie. Foto: Dok. Kemenlu RI

Indonesia Dorong Negara GNB Tegakkan Prinsip Multilateralisme

Internasional gerakan non blok
Marcheilla Ariesta • 24 Oktober 2019 19:14
Baku: Indonesia menekankan pentingnya prinsip multilateralisme kepada para negara anggota Gerakan Non-Blok (GNB).Duta Besar RI untuk Republik Azerbaijan, Husnan Bey Fananie juga menyampaikan perlunya persatuan di dalam GNB.
 
"Negara-negara GNB harus bersatu untuk mencari solusi atas isu-isu global," kata Dubes Husnan dikutip dari pernyataan KBRI Baku, Kamis, 24 Oktober 2019.
 
"Di sisi lain, negara anggota GNB juga perlu di ingatkan kembali penting nya Dasa Sila Bandung, agar GNB tetap satu suara dalam menyikapi dinamika global dan tidak mudah dipengaruhi oleh kekuatan kekuatan eksternal," imbuhnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dubes Husnan mengatakan, di tengah menurunnya norma-norma multilateralisme, mayoritas negara anggota GNB secara tegas menolak unilateralisme. Dia menambahkan, GNB harus mengutamakan Dasa Sila Bandung, sebagai prinsip dasar.
 
Dalam kesempatan ini, Indonesia juga meminta negara anggota GNB untuk membantu Palestina. "Indonesia meminta negara anggota GNB untuk membantu Palestina melalui peningkatan perdagangan dan program program pengembangan kapasitas dalam tata kelola pemerintahan," serunya.
 
Pertemuan Tingkat Menteri GNB ini dilaksanakan pada 23 dan 24 Oktober 2019, di Baku, Azerbaijan. Pertemuan tersebut dihadiri lebih dari 46 negara anggota GNB.
 
Pada sesi pembukaan, Menteri Luar Negeri Venezuela, Jorge Arreaza telah serah terima keketuaan GNB kepada Menlu Azerbaijan, Elmar Mammadyarov.
 
Dalam sambutan pembukanya, Mammadyarov mengatakan pentingnya penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas teritorial negara berdaulat. Sementara itu, berbagai isu dibahas dalam kegiatan ini, seperti perdamaian dan keamanan internasional, perubahan iklim dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif