Anggota BKSAP DPR RI Desy Ratnasari dalam debat umum Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-140 di Doha, Qatar (Foto:Dok.DPR RI)
Anggota BKSAP DPR RI Desy Ratnasari dalam debat umum Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-140 di Doha, Qatar (Foto:Dok.DPR RI)

BKSAP DPR Masukkan Isu Kesehatan pada IPU ke-141

Internasional berita dpr
Anggi Tondi Martaon • 15 April 2019 16:34
Jakarta: Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI fokus terhadap permasalahan kesehatan dunia. Bidang kesehatan mereka suarakan dalam komite Demokrasi dan HAM Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-140 di Doha, Qatar.
 
Pada segmen tersebut, delegasi DPR RI mendorong peningkatan akses kesehatan, ketersediaan tenaga medis profesional, serta penguatan tata pemerintahan dan akuntabilitas anggaran kesehatan dalam Universal Health Coverage.
 
Isu-isu tersebut diharapkan dapat direfleksikan pada resolusi IPU ke-141 di Belgard, Serbia, 13-17 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


BKSAP DPR RI sebagaimana dikutip Dpr.go.id menyampaikan, Indonesia memiliki komitmen kuat dalam implementasi Hukum Kesehatan Internasional (IHR). Komitmen tersebut diwujudkan melalui pencegahan, pendeteksian, dan respons kejadian yang mengancam kesehatan publik, seperti pemberantasan flu yang menular (H5N1) dan penyediaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).
 
BKSAP juga menyinggung kesehatan mental. Bahkan, alat kelengkapan dewan yang dipimpin oleh Nurhayati Ali Assegaf itu ingin agar isu kesehatan diintegrasikan pada resolusi IPU mengenai Achieving Universal Health Coverage by 2030.
 
Selain isu kesehatan, berbagai usulan BKSAP dalam komite perdagangan diapresiasi oleh seluruh peserta IPU ke-140. Di antaranya usulan agar Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dapat berpartisipasi dalam perdagangan internasional.
 
Selanjutnya, BKSAP juga menginginkan agar pendekatan multilateral diterapkan dalam sistem perdagangan internasional. Sehingga, perdagangan internasional dapat berkontribusi dalam pencapaian pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs).
 

(ROS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif