Perdebatan Presiden AS Donald Trump dan Senator Nancy Pelosi di Oval Office. (Foto: AFP)
Perdebatan Presiden AS Donald Trump dan Senator Nancy Pelosi di Oval Office. (Foto: AFP)

Trump Kembali Ancam Shutdown Pemerintahan

Internasional amerika serikat
Sonya Michaella • 13 Desember 2018 09:50
Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump kembali mengancam penutupan pemerintah atau shutdown. Ancaman ini dikeluarkan karena usulan dana untuk membangun tembok perbatasan Meksiko, belum dikabulkan.
 
Dana sebesar USD5 miliar telah diajukan Trump dalam kesepakatan untuk membangun tembok perbatasan antara AS dan Meksiko.
 
"Jika para anggota Senat tidak setuju dengan anggaran tembok perbatasan, pendanaan untuk beberapa departemen akan saya hentikan mulai pekan depan," kata Trump, dikutip dari AFP, Kamis 13 Desember 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya bangga untuk menutup pemerintahan demi memperjuangkan keamanan perbatasan negara," lanjut Trump lagi.
 
Baca:Trump Minta Kongres Biayai Tembok Perbatasan AS-Meksiko
 
Ancaman ini diutarakan Trump langsung kepada dua senator Partai Demokrat, yaitu Chuck Schumer dan Nancy Pelosi di Ruang Oval Gedung Putih, kemarin.
 
Pertemuan ini sempat menegang karena Pelosi dan Schumer berpendapat bahwa Kongres yang dikuasai Partai Republik dapat meloloskan undang-undang sebelum pendanaan untuk beberapa lembaga sebelum berakhir pada 21 Desember.
 
Setelah itu, kekuasaan akan diambil alih oleh Partai Demokrat sesuai perolehan kemenangan pada pemilu sela, November kemarin.
 
Meski tak menjawab terkait pendanaan tembok perbatasan, Pelosi dan Schumer setuju untuk memperpanjang pendanaan Departemen Keamanan Dalam Negeri sebesar USD1,3 miliar hingga 30 September 2019.

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi