Tiga WNI Disandera di Filipina Selatan Berhasil Dibebaskan
Kapal patroli Malaysia di perairan Sabah. (Foto: AFP)
Manila: Tiga warga negara Indonesia (WNI) yang disandera di Filipina pada awal tahun lalu akhirnya berhasil dibebaskan. Informasi terbaru disampaikan kepolisian Filipina.

Menurut polisi, ketiga orang tersebut dibebaskan pada Jumat lalu dengan bantuan kelompok Moro National Liberation Front (MNLF). Kelompok pemberontak ini sudah menandatangani perjanjian damai dengan pemerintah Filipina.

Ketiga orang tersebut sudah berada di tangan duta besar Indonesia di selatan Kota Zamboanga pada hari ini, Minggu 16 September 2018, seperti dikutip dari laman The Inquirer.


Pembebasan ketiganya dibenarkan Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Lalu Muhammad Iqbal. "Betul bahwa sandera sudah bebas. Alhamdulillah," tutur Iqbal, lewat pesan singkat yang diterima Medcom.id.

Awal 2017, ketiga pria tersebut disandera di perairan Sabah, Malaysia. Mereka kemudian dibawa ke Filipina selatan oleh para penculik yang merupakan bagian dari kelompok teroris Abu Sayyaf.

Kelompok ini juga diduga menculik dua WNI lainnya pada Selasa 11 September lalu di Perairan Sabah. Dengan dibebaskannya tiga orang tersebut, maka total WNI yang masih berada di tangan penyandera berjumlah dua orang. 

Baca: Dua Nelayan Indonesia Diculik di Perairan Sabah



(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id