Wisatawan Indonesia Kini Bebas Visa Masuk ke Brasil
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menlu Brasil Aloysio Nunes Ferreira sepakati perjanjian bebas visa (Foto: Sonya Michaella).
Bogor: Kini Warga Negara Indonesia (WNI) bebas visa masuk ke Brasil, begitupun sebaliknya, selama 30 hari. Hal ini sudah disepakati oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Brasil Aloysio Nunes Ferreira.
 
Kesepakatan ini ditandatangani oleh kedua menlu bersamaan dengan kesepakatan kerja sama teknis serta bebas visa untuk paspor diplomatik dan dinas.
 
"Bebas visa untuk wisatawan dan diplomatik serta dinas ini akan aktif 30 hari setelah ditandatanganinya kesepakatan ini," kata Menlu Retno di Hotel Novotel, Bogor, Jumat 11 Mei 2018.
 
Kunjungan Menlu Ferreira ini merupakan perintah dari Presiden Brasil untuk menyampaikan surat permintaan maaf kepada Presiden RI Joko Widodo karena batal untuk mengunjungi Indonesia.
 
"Menlu Brasil menyampaikan ucapan maaf dari Presiden Brasil kepada Presiden Jokowi. Dia juga mengunjungi Thailand, Hanoi dan Singapura. Karena memang rencananya Presiden Brasil akan tur Asia," ungkap dia.
 
Namun, ketika ditanya kapan Presiden Brasil akan mengunjungi Indonesia, Menlu Retno menjawab, harus menunggu pemilu di Rio de Janeiro terlebih dahulu.
 
“Brasil punya tempat yang sangat penting dalam hubungan bilateral dengan Indonesia. Brasil adalah negara satu-satunya yang punya hubungan kerja sama strategis sejak 2008,” ujar Menlu Retno.
 
Selain itu, kedua menlu juga membahas soal bagaimana kedua negara bisa mengintensifkan impelentasi dari kerja sama strategis tersebut, promosi perdagangan, investasi dan wisatawan.



(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id