Jepang Gelontorkan Rp5 M Buat Bantu Korban Gempa Lombok

Marcheilla Ariesta 16 Agustus 2018 17:21 WIB
Gempa Lombok
Jepang Gelontorkan Rp5 M Buat Bantu Korban Gempa Lombok
Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii (jas abu-abu) serahkan bantuan untuk Lombok di markas pusat PMI, Kamis 16 Agustus 2018 (Foto: Marcheilla Ariesta).
Jakarta: Pemerintah dan masyarakat Jepang memberikan bantuan sebesar Rp5 miliar untuk para korban gempa Lombok. Bantuan diberikan melalui Palang Merah Indonesia (PMI).
 
"Dari pemerintah dan masyarakat Jepang memberikan 30 juta yen, sementara Palang Merah Jepang 10 juta yen. Jadi total semua 40 juta yen atau Rp5 miliar," kata Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii, di markas pusat PMI, Kamis 16 Agustus 2018.
 
Baca juga: Bantuan perbaikan rumah terdampak gempa mulai disalurkan.
 
Ishii menuturkan komunitas bisnis Jepang juga menggalang kampanye untuk membantu para korban gempa. "Penggalangan dana akan dimulai dari sekarang ini," imbuh Ishii.
 
Sementara itu, JICA, lembaga penanggulangan bencana Jepang yang bergerak di bidang kesehatan juga akan memberikan bantuan tenaga di Lombok.
 
"Hubungan kami selalu saling menguntungkan. Indonesia juga membantu kami saat Jepang dalam kesulitan akibat bencana. Jepang selalu bersama dengan Indonesia. Kapan pun, kami akan selalu siap membantu," ungkap Ishii.
 
Ishii menambahkan, sejumlah warga Jepang berada di Lombok sebagai wisatawan. Namun seorang warga terluka akibat gempa berkekuatan 7,0 skala richter tersebut. Meski demikian, kata Ishii, kondisi yang bersangkutan sudah membaik saat ini.
 
Pelaksana Harian Ketua Umum PMI Ginandjar Kartasasmita mengatakan sangat berterima kasih atas bantuan Jepang. Dia menambahkan, pihaknya akan memastikan bantuan dari Negeri Sakura tersalurkan dengan baik bagi para korban.
 
Menurut dia, saat ini bantuan yang dibutuhkan para korban adalah air bersih, alat-alat kesehatan, dan pemeliharaan psikologis. Pihaknya juga memperluas bantuan hingga ke daerah yang sulit dijangkau pasca gempa tersebut.
 
Baca juga: Korban Gempa di Lombok Barat Butuh Air Bersih.
 

Lombok diguncang gempa berkekuatan 7,0 skala richter pada 5 Agustus lalu. Hingga kemarin, Rabu 15 Agustus 2018, tercatat 460 orang meninggal dunia.
 
Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, jumlah korban jiwa akibat gempa masih bisa bertambah mengingat Tim SAR gabungan masih melakukan pencarian korban.



(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id