Mendagri Pakistan Membaik usai Terkena Tembakan
Mendagri Pakistan Ahsan Iqbal dievakuasi ke Lahore dengan menggunakan helikopter, 6 Mei 2018. (Foto: AFP/PID)
Islamabad: Menteri Dalam Negeri Pakistan mulai membaik di rumah sakit, Senin 7 Mei 2018, usai dirinya ditembak senjata api dalam percobaan pembunuhan. Penembakan terhadap Ahsan Iqbal ini merupakan pertanda buruk menjelang pemilihan umum di Pakistan.

Ahsan, 59, ditembak di bagian lengan kanan saat hendak meninggalkan sebuah pertemuan publik di Provinsi Punjab pada Minggu malam. 

Seorang pria yang diidentifikasi polisi sebagai "Abid" dibekuk petugas dan warga sekitar saat hendak melepaskan tembakan kedua ke arah Ahsan. Abid telah ditahan di kantor polisi. 


Setelah terkena tembakan, seperti disitat AFP, Ahsan dilarikan ke rumah sakit lokal dan kemudian diterbangkan ke Lahore. 

Partai Muslim League-Nawaz memperlihatkan video Ahsan yang diturunkan dari sebuah helikopter. Mata Ahsan terbuka dan merespons terhadap pertanyaan.

Baca: Mendagri Pakistan Terkena Tembakan di Lengan

Kepolisian Pakistan masih menyelidiki serangan ini. Namun Wakil Komisioner Ali Anan Qamar mengatakan kepada AFP bahwa pelaku mungkin kesal terhadap perubahan sumpah jabatan pejabat yang sedikit diubah karena terkait dengan penistaan agama. 

Amandemen sumpah jabatan itu sempat memicu keributan selama tiga pekan di Pakistan. Unjuk rasa mengenai kasus ini bahkan sempat melumpuhkan ibu kota.

Demonstrasi akhirnya selesai usai pemerintah mengikuti kemauan pedemo, termasuk memecat menteri hukum saat itu.



(WIL)