Retrisyia Putri di kediaman Dubes AS di Jakarta, Minggu 16 Juni 2019. (Foto: Sonya Michaella/Medcom.id)
Retrisyia Putri di kediaman Dubes AS di Jakarta, Minggu 16 Juni 2019. (Foto: Sonya Michaella/Medcom.id)

Pengalaman WNI Muslim Hidup Serumah dengan Yahudi

Internasional indonesia-as
Sonya Michaella • 16 Juni 2019 17:05
Jakarta: Retrisyia Putri tak menyangka dirinya yang beragama Muslim dan memakai hijab akan tinggal serumah selama kurang lebih satu tahun dengan keluarga Yahudi. Pengalaman ini ia dapatkan saat mendapat beasiswa YES dari pemerintah Amerika Serikat (AS).
 
Berasal dari Bandung, Putri menjadi satu dari 88 penerima beasiswa YES. Sejak satu tahun yang lalu, ia tinggal di Texas dan kini kembali ke Tanah Air.
 
"Pikiran saya benar-benar terbuka setelah saya dapaf host family beragama Yahudi. Di Indonesia, banyak berita-berita soal Yahudi, tetapi ketika saya berinteraksi dengan mereka, isu-isu itu terpatahkan," kata Putri ketika ditemui di Jakarta, Minggu 16 Juni 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Putri menambahkan, keluarga Yahudi sangat menghormati dirinya yang beragama Muslim dan tidak membeda-bedakan. Apalagi Yahudi juga tidak mengonsumsi daging babi, sama seperti Muslim.
 
"Setelah tinggal dengan keluarga Yahudi, saya pindah di host family lain yang beragama Katolik. Sungguh saya merasakan tidak ada perbedaan di sini," ucap dia.
 
Ia juga menceritakan saat menjalani ibadah puasa di Texas, di mana keluarganya saat itu adalah Yahudi. Keluarga tersebut memundurkan jam makan malam sesuai dengan jam buka puasa agar bisa makan bersama Putri.
 
"Waktu sahur juga sempet ditanya mau disiapkan apa. Tapi biasanya saya sudah masak dari malam supaya tidak merepotkan mereka," tuturnya.
 
Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph Donovan bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyambut 88 alumni program YES yang baru saja pulang dari AS.
 
Dalam sambutannya, Donovan berharap hubungan AS dan Indonesia bisa terus meningkat, terutama dalam bidang pendidikan dan hubungan antarmasyarakat.
 
Baca:Dubes AS: Anak Muda Berperan Untuk Kemajuan Negara

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif