Kebakaran hutan telah menghanguskan ratusan rumah di Australia sejak Oktober 2019. (Foto: AFP)
Kebakaran hutan telah menghanguskan ratusan rumah di Australia sejak Oktober 2019. (Foto: AFP)

Kebakaran Hutan di Sydney Utara Sulit Dipadamkan

Internasional kebakaran hutan australia
Willy Haryono • 07 Desember 2019 16:04
Sydney: Sebuah "kobaran api besar" di area sepanjang 60 kilometer di Sydney bagian utara dan barat masih belum dapat dipadamkan pada Sabtu 7 Desember 2019. Kebakaran yang melalap hampir 300 ribu hektare lahan itu berlokasi sekitar satu jam perjalanan darat dari Sydney, Australia.
 
Warga Sydney utara yang tidak dapat lagi menyelamatkan properti mereka diminta untuk segera mengungsi. Sejak Oktober lalu, kebakaran hutan telah menewaskan enam orang dan menghancurkan lebih dari 700 rumah di beberapa wilayah Australia.
 
Tingginya intensitas kebakaran yang terjadi lebih awal dari biasanya di Australia memicu kekhawatiran dan mendorong adanya upaya yang lebih kuat untuk menanggulangi perubahan iklim.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain di Sydney, kebakaran hutan juga berkobar di Queensland, Victoria, Australia Selatan, Australia Barat dan Tasmania.
 
Menurut keterangan New South Wales Rural Fire Service (NSW RFS), terdapat 95 titik api di area Gospers Mountain di sekitar Sydney utara. Dari total tersebut, separuhnya bahkan belum dapat dikendalikan.
 
"Lebih dari 2.200 petugas telah dikerahkan ke lapangan," tulis NSW RFS, seperti dilansir dari BBC.
 
Satu hari sebelumnya, sembilan titik api berkobar intens dan memasuki level yang patut diwaspadai. Kobaran api itu memunculkan asal hitam yang tertiup angin hingga ke kota Sydney.
 
"Kami belum dapat menghentikan api ini. Api akan terus berkobar hingga nantinya mereda, dan kami akan melakukan upaya maksimal untuk mengendalikannya," kata Rob Rogers, wakil komisioner NSW RFS kepada ABC.
 
Ia mengatakan area sepanjang 60 km dari Hawkesbury hingga Singleton "seluruhnya dipenuhi kobaran api."
 
Tayangan video dari Orangeville memperlihatkan tim petugas pemadam berlari di tengah kobaran api. Sementara taman Walkabout Wildlife Park terlihat mengevakuasi ratusan hewan.
 
Petugas pemadam dari Kanada dan juga Amerika Serikat berencana dikerahkan ke New South Wales untuk membantu upaya pemadaman kebakaran hutan.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif