Dubes RI Satukan Dubes Korsel dan Dubes Korut di Polandia

Sonya Michaella 15 Februari 2018 20:06 WIB
kemenlu
Dubes RI Satukan Dubes Korsel dan Dubes Korut di Polandia
Duta Besar RI untuk Polandia, Peter Gontha (Foto: Sonya Michaella).
Jakarta: Ada yang berbeda dari acara Tahun Baru di Polandia yang dihadiri oleh semua duta besar perwakilan negara, termasuk Duta Besar RI untuk Polandia, Peter Gontha.
 
Dubes Peter berhasil membuat Dubes Korea Selatan dan Dubes Korea Utara bersalaman dan berbincang-bincang.
 
"Ya memang foto itu sempat viral karena saya di tengah-tengah mereka. Saya membuat mereka bersalaman," kata Dubes Peter kepada awak media di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Kamis 15 Februari 2018.
 
"Indonesia ini kan politik bebas aktif. Saya pribadi sangat dekat dengan kedua dubes itu. Jadi, saya berusaha mendekatkan mereka," lanjut dia.


Foto: Peter Gontha
 
Awalnya, Dubes Peter sempat bertanya kepada Dubes Korut apakah benar bahwa Korut akan ikut serta dalam Olimpiade Pyeongchang 2018.
 
"Dia bilang iya benar. Sebelah kanan saya ini Dubes Korsel. Langsung saya panggil, ini loh Korut ikut olimpiade," tutur pebisnis ini.
 
"Setelah saya bikin mereka salaman, eh saya dicuekin. Mereka malah ngobrol pakai Bahasa Korea. Nah foto itu viral sampai ke Kementerian Luar Negeri Polandia," ujar dia.
 
Akibat kejadian itu, Kemenlu Polandia sampai meminta foto Dubes Peter dengan dua dubes negara Korea tersebut untuk diviralkan karena hal tersebut terjadi di Polandia.




(FJR)