Wakil Tetap RI di Komisi HAM ASEAN (AICHR) Yuyun Wahyuningrum (berbaju kuning) (Foto: Sonya Michaella/Medcom.id).
Wakil Tetap RI di Komisi HAM ASEAN (AICHR) Yuyun Wahyuningrum (berbaju kuning) (Foto: Sonya Michaella/Medcom.id).

Wakil Baru RI di HAM ASEAN Utamakan Kerja Nyata

Internasional hak asasi manusia asean
Sonya Michaella • 23 Januari 2019 15:36
Jakarta: Indonesia harus terus mengutamakan hak asasi manusia di ASEAN melalui praktik dan kerja nyata. Hal ini menjadi fokus utama Yuyun Wahyuningrum sebagai Wakil Tetap RI di Komisi HAM ASEAN (AICHR) untuk tiga tahun ke depan.
 
Menggantikan Dinna Wisnu, Yuyun memiliki sejumlah program kerja. Salah satunya adalah mengutamakan praktik dari visi dan misi Indonesia selama ini untuk AICHR.
 
“Praktik, praktik dan praktik. Itu yang harus diutamakan untuk segala visi, misi dan berbagai masukan Indonesia untuk ASEAN di bidang HAM,” kata Yuyun di Jakarta, Rabu 23 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tagar #ProtectionMatters juga menjadi salah satu jargon Yuyun untuk strategi tiga tahun ke depan mempratikkan seluruh langkah Indonesia di AICHR, terutama yang terkait HAM.
 
Selain itu, Yuyun akan terus melanjutkan apa yang telah dilakukan dan diupayakan oleh Dinna, pendahulunya. Tentu, dengan menambahkan hal-hal yang dirasa penting dan diperlukan Indonesia di AICHR.
 
Sebelum menjabat sebagai Wakil Tetap RI untuk AICHR, Yuyun aktif menyuarakan keadilan di tingkat Asia Tenggara dengan bergabung bersama Human Rights Working Group (HRWG) sebagai penasihat senior.
 
Yuyun dikenal karena konsistensinya dalam memperjuangkan HAM, termasuk HAM kelompok minoritas seperti pengungsi Rohingya, disabilitas dan LGBT.
 
Hingga saat ini, Indonesia, lewat Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah menyampaikan bahwa pentingnya kegiatan AICHR untuk terus dikedepankan dan diperkuat.
 
Indonesia pun selalu mendukung AICHR agar dapat memenuhi mandatnya mempromosikan dan melindungi HAM seluruh masyarakat ASEAN.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif