KJRI Johor Berikan Pendampingan untuk WNI Divonis Mati

Marcheilla Ariesta 29 November 2018 09:55 WIB
wniperlindungan wni
KJRI Johor Berikan Pendampingan untuk WNI Divonis Mati
Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kemenlu RI Lalu Muhammad Iqbal. (Foto: Marcheilla Ariesta/Medcom.id).
Johor Bahru: Warga negara Indonesia (WNI) asal Lombok, bernama Zainul Watoni, divonis hukuman mati oleh Pengadilan Tinggi Malaysia. Mengetahui hal ini, Konsulat Jenderal RI di Johor Bahru langsung memberikan pendampingan hukum kepadanya.

Baca juga: Bunuh Warga Malaysia, Seorang WNI Dijatuhi Hukuman Mati.

"KJRI Johor Bahru sudah menangani kasus ini dan sudah memberikan pendampingan kekonsuleran," kata Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kementerian Luar Negeri Lalu Muhammad Iqbal, Kamis 29 November 2018.


Sementara itu, Kedutaan Besar RI di Kuala Lumpur juga sudah menunjuk Kantor Pengacara Gooi dan Azzura untuk memberikan pendampingan hukum. Gooi juga mendampingi seorang WNI lainnya, Siti Aisyah.

Menurut Iqbal, kasus ini baru mulai di Pengadilan Tingkat Pertama. "Sehingga diperkirakan prosesnya masih sangat panjang," imbuh dia.

Zainul dituduh melakukan pembunuhan terhadap Rizal Muhammad, 37. Motifnya tidak disampaikan dalam persidangan. Dia didakwa di bawa Pasal 302 Kanun Keseksaan dengan hukuman terberat, hukuman gantung. 

Ketua Polisi Daerah Kota Tinggi, Ahsmon Bajah mengatakan seorang tersangka merupakan warga negara Indonesia dan kekasihnya. Keduanya merupakan pasangan kekasih.



(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id