Puluhan Paus Kembali Ditemukan Mati di Selandia Baru

Fajar Nugraha 30 November 2018 11:49 WIB
paus terdampar
Puluhan Paus Kembali Ditemukan Mati di Selandia Baru
Paus kerap terdampar di pantai terpencil di Selandia Baru dan Australia. (Foto: AFP).
Wellington: Kembali ditemukan paus yang terdampar dan mati di Selandia Baru. Kali ini jumlah paus yang mati itu mencapai lebih dari 50.

“Sebanyak 80 hingga 90 paus ini ditemukan terdampar di pantai terpencil di Pulau Chatham, yang jaraknya mencapai 800 kilometer sebelah timur Pulau Selatan,” ujar pihak Departemen Konservasi, seperti dikutip AFP, Jumat, 30 November 2018.

Ini adalah peristiwa kelima yang melanda Selandia Baru dalam waktu sepekan terakhir, termasuk penemuan 145 paus pilot yang mati terdampar di Pulau Stewart. Kejadian terbaru menambah total paus yang mati terdampar ini mencapai lebih dari 200.


Baca juga: 145 Paus Ditemukan Mati di Pantai Selandia Baru.

Di saat pengawas sudah mencapai lokasi paus yang terdampar pada Jumat, 30 November, sekitar 50 dari paus itu sudah mati. Sementara satu paus terdampar tetapi masih hidup sedangkan sisanya berhasil kembali ke laut.

Manajer Departemen Konservasi Dave Carlton mengatakan, paus yang selamat dalam kondisi buruk dan terpaksa disuntik mati. “Itu adalah hal yang harus dilakukan. Ini merupakan keputusan buruk yang harus diambil,” ucap Carlton.

Pulau Chatham pernah menjadi saksi terdamparnya paus dalam jumlah besar pada 1918. Saat itu sekitar 1.000 paus terdampar di pantai terpencil ini.

Tidak diketahui mengapa paus dan lumba-lumba bisa terdampar. Tetapi faktor sakit dan kerusakan navigasi setelah struktur geografi serta kehadiran predator bisa menjadi penyebabnya.



(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id