Jet tempur F-35 yang diproduksi oleh perusahaan Amerika Serikat (AS), Lockheed Martin. (Foto: AFP).
Jet tempur F-35 yang diproduksi oleh perusahaan Amerika Serikat (AS), Lockheed Martin. (Foto: AFP).

Peremajaan Jet Tempur, Singapura Pilh F-35 Buatan AS

Internasional singapura
Fajar Nugraha • 18 Januari 2019 16:57
Singapura: Pemerintah Singapura memilih pesawat tempur F-35 untuk menggantikan jet tempurnya yang sudah tua. Kementerian Pertahanan Singapura memastikan mereka memilih pesawat keluaran Amerika Serikat (AS) itu daripada yang ditawarkan Eropa dan Tiongkok.
 
Sebelumnya Singapura mempertimbangkan memilih model pesawat antara F-35 produksi Lockheed Martin dengan Eurofighter Typhoon dari konsorsium Eropa dan pesawat tempur siluman yang dikeluarkan oleh Tiongkok.
 
“(Jet tempur) F-16 harus segera pensiun setelah 2030 dan F-35 Joint Strike Fighter telah diidentifikasi sebagai pengganti yang paling cocok untuk mempertahankan kemampuan RSAF (Angkatan Udara Singapura)," kata kementerian pertahanan dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip AFP, Jumat, 18 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kementerian Negeri Singa itu mengatakan pihak angkatan udara pertama harus membeli ‘sejumlah kecil’ F-35. Hal ini untuk kepentingan evaluasi penuh atas kemampuan dan kesesuaian mereka sebelum memutuskan armada penuh.
 
Menteri Pertahanan Ng Eng Hen mengatakan dalam sebuah posting Facebook pada Jumat bahwa Singapura membutuhkan waktu lebih dari lima tahun untuk membuat keputusan karena mereka harus melihat dengan hati-hati spesifikasi dan apa yang dibutuhkan.
 
"Agen kami sekarang harus berbicara dengan rekan mereka di AS untuk memajukan proses," kata Ng.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi