Mi Soba, Simbol Penguatan Hubungan Jepang dengan ASEAN

Marcheilla Ariesta 24 September 2018 14:46 WIB
indonesia-jepang
Mi Soba, Simbol Penguatan Hubungan Jepang dengan ASEAN
Mi Soba dalam acara Pengenalan Kuliner dan Budaya Makan Jepang di ASEAN Secretariat, Jakarta, Senin, 24 September 2018. (Foto: Marcheilla Ariesta)
Jakarta: Acara bertajuk Pengenalan Kuliner dan Budaya Makan Jepang digelar untuk merayakan 45 tahun hubungan ASEAN dengan Negeri Sakura. Mi Soba menjadi simbol penguatan hubungan tersebut.

Duta Besar Jepang untuk ASEAN Kazuo Sunaga berharap hubungan Jepang dengan ASEAN daoat semakin erat melalui makanan.

"Makanan Jepang sangat terkenal di seluruh dunia, namun belum banyak yang tahu filosofi di balik makanan tersebut. Jadi saya, sebagai duta besar Jepang untuk ASEAN, akan mengenalkannya kepada Anda semua," kata Dubes Sunaga di ASEAN Secretariat, Jakarta, Senin, 24 September 2018.


Dia mengatakan Mi Soba dipilih karena merupakan salah satu makanan yang digemari masyarakat Jepang. Selain itu, jenis mi ini memiliki filosofi sendiri.


Chef mempersiapkan mi soba. (Foto: Marcheilla Ariesta)

Deputi Sekretaris Jenderal ASEAN untuk Urusan Komunitas dan Korporasi AKP Mochtan, mengatakan biasanya ada tradisi makan soba saat akhir tahun. 

"Kalau akhir tahun tradisinya harus makan soba karena toshikosi (sambung menyambung). Dan inilah filosofi yang diambil untuk hubungan Jepang dan ASEAN, yang harus terus menerus dan sambung menyambung," kata dia.

Pengenalan kuliner merupakan satu dari sekian banyak proyek Jepang dan ASEAN yang akan diselenggarakan untuk merayakan 45 tahun kemitraan bersama. Mochtan menambahkan, hubungan Jepang dan ASEAN sudah memasuki tingkatan kemitraan strategis.

"Cakupannya luas, dan hubungan kita dengan Jepang salah satu yang terpanjang," imbuh dia.

Dalam acara ini, hadir para duta besar negara sahabat untuk ASEAN. Hadir pula Melody Nurramdhani Laksami, yang merupakan eks anggota JKT48, sebagai Duta Persahabatan Jepang dan ASEAN di Bidang Pangan dan Pertanian.


Pengenalan Kuliner dan Budaya Makan Jepang. (Foto: Marcheilla Ariesta)




(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id