Trump Tegaskan Semenanjung Korea di Ambang Bebas Nuklir
Donald Trump (kanan) dan Kim Jong-un di sesi akhir pertemuan mereka di Hotel Capella, Singapura, 12 Juni 2018. (Foto: AFP/Pool/SUSAN WALSH)
Singapura: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menegaskan proses denuklirisasi di Semenanjung Korea segera dimilai "dalam waktu dekat." Pernyataan disampaikan usai pertemuan Trump dengan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un di Singapura berakhir, Selasa 12 Juni 2018.

"Kami memulai proses tersebut," ujar Trump, merespons pertanyaan awak media mengenai denuklirisasi. "Akan segera dimulai," lanjut dia.

Usai sama-sama menandatangani dokumen -- salah satu poinnya dikabarkan adalah mengenai denuklirisasi -- Trump dan Kim berjalan bersama menuju sebuah area di Hotel Capella.


Mereka berdua berjabat tangan dan saling melemparkan kata-kata perpisahan. "Kita akan bertemu lagi. kita akan sering bertemu," tutur Trump.

Sementara Kim menyebut negaranya dan AS telah memutuskan untuk "meninggalkan hal-hal yang sudah berlalu." 

"Hari ini, kita mengadakan pertemuan bersejarah. Dunia akan melihat perubahan besar," ungkap Kim.

Baca: Dokumen Tanda Berakhirnya Pertemuan Trump-Kim Jong-un

Beberapa pekan lalu, Trump pernah mengomentari pernyataan wartawan mengenai prospek mengundang Kim ke Negeri Paman Sam. Trump disodori pertanyaan mengenai apakah Kim akan diundang ke Gedung Putih atau tempat peristirahatan pribadi Mar-e-Lago di Florida.

"Mungkin akan kita mulai dengan Gedung Putih," sebut Trump.

Kim telah terlebih dahulu mengundang Trump untuk mengunjungi Pyongyang. Undangan dilayangkan Kim melalui sebuah surat kepada Trump.

"Surat pribadi dari Kim itu diserahkan kepada Trump ketika, pejabat senior Korut, Kim Yong-Chol melakukan kunjungan ke Gedung Putih pada 1 Juni," lapor kantor berita JoongAng Ilbo.



(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id