Menlu Retno Marsudi (tengah) di Menara KADIN, Jakarta, Selasa, 19 November 2019. (Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta)
Menlu Retno Marsudi (tengah) di Menara KADIN, Jakarta, Selasa, 19 November 2019. (Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta)

IMF Nilai RI Mampu Bertahan di Tengah Tekanan Geoekonomi

Internasional imf
Marcheilla Ariesta • 19 November 2019 13:28
Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan beberapa pandangan pemerintah dan juga masukan dari sejumlah pihak luar negeri mengenai perekonomian Indonesia kepada jajaran pengusaha Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia.
 
Dalam pertemuan tersebut, Menlu Retno menceritakan bagaimana pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva.
 
"Dalam pertemuan presiden dengan Managing Director IMF ada beberapa penilaian yang diberikan. Pertama, ekonomi di Indonesia dinilai masih cukup bagus, vibrant dan inklusif berdasarkan kebijakan ekonomi," kata Retno di Menara KADIN, Jakarta, Selasa, 19 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tak hanya itu, menurut Georgieva, ASEAN juga masih cukup bersinar di tengah ekonomi dunia yang carut-marut. Menurut Georgieva, kondisi perekonomian global yang serba tidak pasti ini masih akan terus terjadi.
 
"Terutama akibat tekanan geoekonomi dan geopolitik," lanjutnya.
 
Georgieva juga melihat adanya tren perlambatan pertumbuhan ekonomi dunia dalam beberapa tahun terakhir. Ia mengungkapkan, sejumlah pemimpin dunia telah mengekspresikan kekhawatiran mereka mengenai situasi saat ini.
 
"Tahun ini pertumbuhan mencapai titik terendah sejak terjadinya krisis. Beberapa kali forecast terus dikoreksi ke bawah," terangnya.
 
Pertumbuhan ekonomi global di 2019 diperkirakan 3,2 persen. Sementara pada 2020, diproyeksikan naik sedikit menjadi 3,5 persen.
 
Masih dari keterangan Georgieva, 90 persen negara tengah mengalami pelambatan pertumbuhan ekonomi.
 
Perang dagang antara negara maju seperti Tiongkok dan Amerika Serikat dinilai Georgieva akan semakin memperburuk keadaan.
 
Karena itu, Retno melihat perlu adanya kolaborasi yang baik antara pemerintah dan pelaku usaha dalam memperkuat ekonomi Indonesia. "Jika kuat, maka kita akan bertahan," tegas Retno.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif