Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla meraih penghargaan Dr. Ide Anak Agung Gde Agung. Foto: Dok.Kemenlu
Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla meraih penghargaan Dr. Ide Anak Agung Gde Agung. Foto: Dok.Kemenlu

Perjuangkan Diplomasi Perdamaian, Jusuf Kalla Raih Penghargaan

Internasional jusuf kalla kemenlu
Marcheilla Ariesta • 23 Januari 2020 18:32
Jakarta: Kementerian Luar Negeri dan Yayasan Sekar Manggis memberikan penghargaan Dr. Ide Anak Agung Gde Agung kepada mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. Penghargaan diberikan sebagai apresiasi atas diplomasi perdamaian yang dilakukan untuk Indonesia.
 
Penghargaan kepada JK diberikan langsung oleh Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar serta Ketua Umum Yayasan Sekar Manggis Anak Agung Gde Agung di Ruang Nusantara, Kementerian Luar Negeri, Jakarta. Pemberian penghargaan juga disaksikan tim juri yang diketuai Meutia Farida Hatta.
 
“Tahun ini tim juri telah memilih JK sebagai penerima penghargaan. Bapak JK adalah seorang negosiator ulung, diplomat pejuang dan pecinta perdamaian yang telah menjadi simbol serta benchmark (rujukan) kebanggan kita semua," kata Mahendra di Jakarta, Kamis 23 Januari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


JK, kata Mahendra, merupakan sosok pemimpin yang berperan besar dalam diplomasi Indonesia, khususnya di bidang perdamaian. Mantan Wapres RI ini dinilai aktif menyuarakan perdamaian hingga tingkat internasional.
 
“Di kancah regional (ASEAN) beliau menjadi juri runding yang sangat disegani dalam upaya penyelesaian konflik di Thailand selatan maupun Srilanka. Di tataran internasional, sebagai inisiatif menyebarkan benih-benih perdamaian di Afghanistan,” tutur Mahendra.
 
Dia mengungkapkan, kemampuan JK adalah membangun kepercayaan dan menjaga harga diri para pihak yang berseteru. Ini merupakan kunci diplomasi yang selama ini dipakainya.
 
“Trust building dan menjaga harga diri para pihak adalah kunci dalam menjaga perdamaian dan itu adalah kunci diplomasi bapak JK,” ujar Mahendra.
 
JK mengapresiasi penghargaan yang telah diberikan Kemlu RI kepadanya. Dia berharap penghargaan ini bisa jadi pembelajaran bagi masyarakat akan pentingnya perdamaian.
 
“Tentu terima kasih kepada juri atas penghargaan ini dan tentunya ini merupakan penghargaan yang dinilai bisa jadi pembelajaran,” pungkas JK.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif