Ilustrasi jenazah. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi jenazah. (Foto: Medcom.id)

Tujuh Orang Tewas saat Bersihkan Tangki Septik di India

Internasional india
Marcheilla Ariesta • 16 Juni 2019 08:06
Gujarat: Tujuh orang meninggal dunia saat membersihkan tangki septik (septic tank) di sebuah hotel di India. Mereka diketahui membersihkan tangki berisi kotoran manusia itu tanpa peralatan keselamatan yang memadai.
 
"Satu orang pertama kali memasuki tangki, tetapi ketika dipanggil, dia tidak keluar. Kemudian tiga petugas kebersihan lainnya masuk untuk membantunya," kata seorang petugas pemadam kebakaran, Vadodara Nikunj Azad, yang memimpin operasi penyelamatan.
 
Dilansir dari laman Gulf Today, Sabtu 15 Juni 2019, keempat pekerja tidak kunjung muncul setelah beberapa waktu. Akhirnya tiga karyawan hotel lainnya masuk untuk mencari tahu, dan mereka pun tidak kunjung keluar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mereka semua kemudian ditemukan sudah meninggal di dalam tangki septik tersebut," imbuh Azad.
 
Dia mengatakan ketujuh jenazah karyawan sudah dievakuasi. Akibat insiden ini, pemilik hotel didakwa menyebabkan kematian akibat kelalaian.
 
Kematian akibat sesak napas di ruang penuh gas berbahaya seperti tangki septik sering terjadi di India. Tahun lalu, lima orang meninggal di New Delhi saat membersihkan tangki pengolahan limbah.
 
Dewan Perwakilan Rakyat India telah mengesahkan beberapa undang-undang yang bertujuan menghapuskan praktik kuno mengenai pembersihan ruangan dengan gas berbahaya secara manual pada 2013. Namun, masih banyak pihak yang melakukan praktik pembersihan manual tersebut.
 
Meski belum ada data resmi, survei independen menunjukkan sekitar 1.370 orang kehilangan nyawa setiap tahunnya akibat pekerjaan berbahaya ini di India.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif