Ratusan TKI di Korsel Dapat Cek Kesehatan Gratis
Situasi pemeriksaan PMI di Korsel. (Foto: Dok. KBRI Seoul).
Seoul: Ratusan pekerja migran Indonesia (PMI) yang berdomisili di Daegu dan Seoul mendapatkan layanan kesehatan gratis. Layanan ini dilakukan dua hari pada 28 dan 29 April 2018.

Tim dokter yang melayani di pemeriksaan kesehatan ini diterbangkan langsung dari Indonesia. Program ini merupakan kerja sama antara Kementerian Kesehatan dan Kedutaan Besar RI (KBRI) Seoul.

Lebih dari 200 pekerja migran memanfaatkan layanan umum, di antaranya pemeriksaan tekanan darah, gula, kolesterol, asam urat hingga kejiwaan.


Duta Besar RI untuk Korsel Umar Hadi mengatakan kegiatan ini terinspirasi dari keresahannya atas banyaknya PMI yang meninggal akibat sakit.

"Saya sangat sedih karena masih cukup banyak anak-anak saya, pekerja migran Indonesia di Korsel meninggal dunia. Sebagian besar karena sakit, padahal anak-anak ini masih di berusia 19 hingga 35 tahun," ujar Dubes Umar dalam pernyataan KBRI Seoul yang diterima Medcom.id, Senin 30 April 2018.

Selama dua hari program dilakukan, ada beberapa penyakit yang umum menimpa para tenaga kerja, diantaranya adalah gula darah dan kolesterol. Selain itu, ada juga pekerja yang mengeluhkan batuk berdarah yang disebabkan alergi.

Menanggapi hal tersebut, tim Kementerian Kesehatan berpesan agar para PMI menjalani hidup sehat.

"Kami ingatkan agar semua PMI untuk tidak meninggalkan sarapan, mengatur waktu istirahat dan berolahraga. Perhatikan kesehatan dan keselamatan kerja dimulai dari diri sendiri. Sebelum bekerja, siapkan fisik yang kuat, stamina baik dan asupan nutrisi khusus," ucap dr. Asral Hasan, dokter dari tim pelayanan kesehatan.



(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id